UHO Kendari Akan Terima 8.855 Calon Mahasiswa Baru

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Jumat, 11 Februari 2022
0 dilihat
UHO Kendari Akan Terima 8.855 Calon Mahasiswa Baru
Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" UHO Kendari akan membuka penerimaan calon mahasiswa baru dengan total kuota 8.855 untuk tahun 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari akan membuka penerimaan calon mahasiswa baru dengan total kuota 8.855 untuk tahun 2022.

Rektor UHO, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, untuk saat ini dirinya belum mengetahui pasti jumlah pendaftar calon mahasiswa baru di Kampus Hijau tersebut.

"Kemarin kalau tidak salah PDSS (Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) sepertinya diperpanjang, yang jelas kami tahun ini menerima sekitar delapan ribuan," katanya, Jumat (11/2/2022).

Seperti pada perguruan tinggi negeri lainnya, UHO membuka tiga jalur untuk penerimaan calon mahasiswa baru. Pertama, seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan menggunakan pola ujian tertulis secara nasional dan yang ketiga, Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

"Sekarang yang lagi dilakukan adalah SNMPTN, jadi semua sekolah-sekolah mengisi PDSS, nanti mereka memilih perguruan tinggi dan memilih program studi apa dan akan kita seleksi," ujarnya.

Baca Juga: Menuju Akreditasi Unggul, Rektor UHO Beri Kuliah di UMW Kendari

Lanjut orang nomor satu di UHO Kendari ini menyampaikan, proses seleksi pendaftaran jalur SNMPTN akan berakhir sekitar bulan Maret atau April 2022.

Sementara itu untuk jalur SBMPTN akan dilaksankan sekitar bulan Mei 2022 dan teknis pelaksanaan seleksi jalur SBMPTN dilakukan secara bersama-sama dengan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Kuotanya kan sudah pasti 30 persen SNMPTN, kemudian 40 persen SBMPTN, dan 30 persen jalur mandiri," ungkapnya.

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Akreditasi Perguruan Tinggi, UHO dan UMW Kendari Teken MoU

"Jadi, misalnya 100 daya tampung prodi, berarti penerimaan jalur nasional 30 orang, 40 orang diterima dari seleksi bersama, dan 30 orang kami terima diseleksi mandiri. Sehingga totalnya 100," tambahnya.

Untuk diketahui, PDSS adalah basis data yang isinya rekam jejak kinerja sekolah dan rapor siswa eligible atau pemenuhan syarat melamar perguruan tinggi negeri. (C-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga