Menuju Akreditasi Unggul, Rektor UHO Beri Kuliah di UMW Kendari

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Kamis, 10 Februari 2022
0 dilihat
Menuju Akreditasi Unggul, Rektor UHO Beri Kuliah di UMW Kendari
Foto bersama dalam giat kuliah tamu oleh Rektor UHO Kendari, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, bertempat di UMW Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu, berikan kuliah tamu di Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu, berikan kuliah tamu di Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, untuk peningkatan mutu perguruan tinggi menuju akreditasi unggul.

Zamrun menyampaikan, inti dari seluruh kegiatan pendidikan tinggi adalah menuju kualitas atau mutu terbaik sesuai tuntutan stakeholder.

"Yakni pimpinan, dosen, mahasiswa, orang tua, pemerintah, industri dan masyarakat pengguna," katanya.

Adapun paradigma dalam penataan pendidikan tingggi, kata dia, adalah hasil dari kinerja perguruan tinggi yang harus selalu mengacu pada kualitas berkelanjutan.

Indikator kualitas pendidkan tinggi adalah mutunya, kemudian dasar hukum penjaminan mutu adalah Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Lanjut, pengukuran mutu pendidikan tinggi berbasis interaksi antar standar pendidikan tinggi ada tiga.

"Yaitu, standar proses, standar dosen dan standar isi," sebutnya.

Sementara itu, Rektor UMW Kendari, Dr Ratna Umi Nurlila mengatakan, tujuan kuliah tamu tersebut adalah untuk memberikan refresh, penguatan dan pemahaman kembali kepada civitas akademika.

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Akreditasi Perguruan Tinggi, UHO dan UMW Kendari Teken MoU

"Dimana teman-teman yang diundang tadi itu juga struktural dari UMW Kendari," ucapnya.

Jadi dengan adanya kuliah tamu itu kata dia, bisa mengetahui apa saja yang belum dipersiapkan dan komitmen seperti apa saja yang diperlukan.

Baca Juga: Simak 5 Tips yang Harus Kamu Tahu Agar Dapat Beasiswa Luar Negeri

"Jadi komitmen bukan hanya pimpinannya sendiri, tapi pimpinan yang sifatnya adalah level di bawah saya yang sifatnya adalah struktural yang juga harus mempunyai komitmen yang sama," ujarnya

"Dan seperti yang disampaikan oleh Prof Zamrun, itu sudah sesuai dengan harapan kami yang sperti itu," tambahnya. (B-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga