Berikut Beasiswa Luar Negeri yang Buka Pendaftaran Tahun 2022-2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 09 Juli 2022
0 dilihat
Berikut Beasiswa Luar Negeri yang Buka Pendaftaran Tahun 2022-2023
Mendapatkan beasiswa luar negeri merupakan impian semua orang. Untuk itu, bagi yang punya mimpi kuliah luar negeri dengan beasiswa harus mempersiapkan diri. Foto: Repro hotcourses.co.id

" Ingin mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri tapi terkendala biaya? Jangan khawatir. Ada sejumlah beasiswa luar negeri yang bisa kamu daftar dengan biaya full funded atau beasiswa penuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Ingin mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri tapi terkendala biaya? Jangan khawatir. Ada sejumlah beasiswa luar negeri yang bisa kamu daftar dengan biaya full funded atau beasiswa penuh.

Beberapa beasiswa S2 luar negeri berikut sedang membuka pendaftaran bagi mahasiswa internasional seperti, Indonesia. Berikut ini beberapa beasiswa luar negeri yang sedang buka pendaftaran baik S2 (master) dan S3 (doktor) tahun 2022-2023.

Dilihat Telisik.id dari laman brightscholarship.com, yaitu:

1. University of Melbourne

Semua siswa Internasional dan domestik dari belahan dunia mana pun dapat mendaftar untuk beasiswa penelitian pascasarjana di University of Melbourne. Program studi dapat diakses oleh pelamar yang layak dari negara mana pun yang ingin mengambil gelar master atau PhD di universitas untuk sesi akademik 2022-2023. Ini adalah beasiswa yang didanai sepenuhnya untuk belajar gratis di Australia.

Detail: University of Melbourne, Australia

Tingkat gelar: magister, PhD

Jumlah total penghargaan: 600

Cakupan beasiswa: Didanai sepenuhnya

Kebangsaan yang memenuhi syarat: domestik & internasional negara penerima penghargaan: Australia

Tanggal terakhir: 31 Oktober 2022.

Manfaat Finansial: beasiswa University of Melbourne 2022 di Australia adalah beasiswa yang didanai sepenuhnya untuk melakukan program velar penelitian pascasarjana. Rincian cakupan beasiswa diberikan di bawah ini:

Biaya penuh akan diberikan kepada siswa yang mengambil gelar magister penelitian hingga 2 tahun atau hingga empat tahun untuk siswa yang mengejar gelar PhD.

Tunjangan hidup sebesar $31.200 per tahun pro rata (tarif studi penuh waktu 2020) hingga dua tahun untuk siswa yang mengambil gelar master by research atau hingga 3,5 tahun untuk siswa yang mengambil gelar doktor. Tunjangan hidup dapat diindeks setiap tahun dan termasuk cuti sakit, bersalin dan mengasuh anak yang dibayar terbatas.

Hibah relokasi sebesar $2000 untuk siswa yang pindah dari Negara Bagian atau Wilayah selain Victoria atau $3000 untuk siswa yang pindah dari luar Australia. Overseas Student Health Cover (OSHC) single membership untuk siswa internasional yang memerlukan visa pelajar untuk belajar di Australia

Kriteria kelayakan: kandidat yang memiliki kewarganegaraan dari seluruh dunia memenuhi syarat untuk mendaftar. Siswa telah mendaftar untuk magister oleh penelitian atau PhD oleh penelitian saat ini terdaftar sebagai siswa di setiap gelar penelitian pascasarjana. Pelamar harus memenuhi persyaratan masuk (https://study.unimelb.edu.au/how-to-apply/graduate-research/international-applications/entry-requirements )

Berikut link pendaftaran: https://unimelb_admissions_scholarships.formstack.com/forms/graduate_research_scholarships_application

Kamu juga bisa mengunjungi situs resminya secara langsung melalui link berikut ini: https://scholarships.unimelb.edu.au/awards/graduate-research-scholarships

2. Beasiswa Friedrich Ebert Foundation di Jerman

Aplikasi diundang untuk melamar Beasiswa Friedrich Ebert Foundation untuk siswa internasional 2023 di Jerman. Semua Pelajar Internasional dan luar negeri dapat mengajukan Beasiswa Friedrich Ebert Stiftung 2023. Beasiswa Friedrich Ebert Foundation menawarkan beasiswa gelar sarjana, beasiswa magister dan PhD di Jerman.

Siswa dengan area subjek apa pun memenuhi syarat untuk mendaftar di disiplin akademik untuk belajar di Jerman. Beasiswa yang didanai sepenuhnya tersedia untuk belajar gratis di Jerman untuk sesi akademik 2022-23

Beasiswa Friedrich Ebert Foundation untuk Siswa Internasional

Detail: Disediakan oleh Yayasan Friedrich Ebert

Tingkat gelar: Sarjana, Magister, PhD Cakupan beasiswa: Didanai sepenuhnya

Kebangsaan yang memenuhi syarat: Internasional dan luar negeri

Negara penghargaan: Jerman

Tanggal terakhir: 31 November 2022.

Manfaat finansial:

Beasiswa mahasiswa Internasional Friedrich untuk melakukan beasiswa sarjana di Jerman serta beasiswa di Jerman untuk pascasarjana akan mencakup pengeluaran berikut seperti: Gaji bulanan sebesar EUR 750 untuk program sarjana, diploma, magister atau ujian negara gaji bulanan sebesar EUR 850 dalam kursus master.

Biaya untuk asuransi kesehatan didanai dan sarjana dengan anak menerima tunjangan keluarga sebesar EUR 276. Beasiswa tidak harus dilunasi. Bidang studi yang tersedia: Siswa dengan area subjek apa pun memenuhi syarat untuk mendaftar di disiplin akademik untuk belajar di Jerman.

Baca Juga: BNNP Sultra Tes Urine 174 Calon Wisudawan Fakultas Tarbiyah IAIN Kendari, Ini Hasilnya

Kriteria kelayakan:

Siswa harus memenuhi kriteria berikut untuk mengajukan Beasiswa Friedrich Ebert Stiftung 2023

Untuk sarjana dan magister: konfirmasi tempat belajar atau sertifikat pendaftaran di universitas atau perguruan tinggi teknik Jerman yang diakui negara bagian atau negara bagian untuk program studi yang mereka inginkan untuk didanai pelamar asing juga harus menunjukkan keterampilan bahasa Jerman yang memadai siswa tahun pertama (siswa Jerman dan asing dengan pendidikan) harus mendaftar sebelum atau pada awal semester pertama.

Untuk PhD: Pemberitahuan masuk tanpa syarat ke beasiswa doktoral pelamar asing juga harus menunjukkan keterampilan bahasa Jerman yang memadai.

Persyaratan Akademik:

- Sekolah atau prestasi akademik yang luar biasa (jika diperlukan: bukti prestasi akademik tingkat pertama)

- Keterlibatan dan komitmen sosial dan politik terhadap nilai-nilai sosial demokrasi Individu yang bertanggung jawab, termotivasi, dan andal yang terlibat dengan jaringan Yayasan.

- Pengetahuan bahasa Jerman yang cukup, meskipun kursus diadakan dalam bahasa Inggris

Berikut link pendaftaran:

https://www.fes.de/studienfoerderung/bewerbung/und-jetzt-bewerben

Kamu juga bisa mengunjungi situs resminya secara langsung melalui link berikut:

https://www.fes.de/studienfoerderung/bewerbung

Selain itu, kamu juga bisa membaca beberapa tips berikut demi kelancaran beasiswamu.

Dikutip dari glints.com, beberapa tips lolos beasiswa di luar negeri :

1. Tentukan tujuan studi

Menentukan tujuan studimu akan memudahkanmu memilih program beasiswa yang tepat untukmu.

2. Ketahui keunikanmu

Berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk mencari tahu keunikanmu.

- gender

- kewarganegaraan

- bahasa yang dikuasai

- garis keturunan (misalnya, warga negara Indonesia keturunan Belanda)

prestasi yang dimiliki (akademik dan non-akademik)

- minat dan bakat

- keahlian yang dimiliki

Setelah mengetahui keunikan-keunikan yang kamu miliki, kamu bisa mencari program beasiswa yang kriteria penerimanya sesuai denganmu.

3. Buat daftar beasiswa yang diinginkan

Pilihlah beberapa beasiswa yang sesuai dengan tujuan studi dan kriteria yang kamu miliki berdasarkan hal berikut.

- jadwal beasiswa

- kesesuaian dengan kriteria beasiswa

- jenis beasiswa yang ditawarkan

4.Cari tau syarat beasiswa

Cari tahu syarat-syaratnya dan pastikan kamu bisa memenuhi syarat-syarat tersebut.

5. Siapkan dokumen yang diperlukan

Dokumen-dokumen itu diantaranya adalah berikut.

- ijazah

- transkrip nilai

- surat rekomendasi

- esai beasiswa

- CV

- KTP

- akta kelahiran

- paspor

- pas foto

6. Miliki LOA(letter of acceptance)

Beberapa program beasiswa mensyaratkan kamu untuk melampirkan letter of acceptance dari universitas yang akan dituju. Surat ini adalah bukti bahwa kamu telah diterima menjadi mahasiswa di universitas tersebut.

Baca Juga: Peringati Dies Natalis ke-21, Avicena Bakal Gelar Pesta Olahraga dan Seni

Namun, kamu harus memastikan bahwa universitas tersebut adalah salah satu universitas yang diakui oleh program beasiswa tersebut.

7. Jangan terburu-buru mendaftarkan diri

- Baca kembali alur seleksi beasiswa.

- Kenali lembaga/organisasi pemberi beasiswa.

- Perhatikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam formulir pendaftaran.

- Tulis esai yang menarik.

8. Lacak proses pendaftaranmu

Kamu bisa menggunakan spreadsheet untuk melacak sudah sejauh mana proses seleksi beasiswamu berjalan. Jangan lupa untuk mencatat nomor registrasi beasiswamu dan proses yang telah kamu lalui.

9. Persiapkan diri untuk wawancara

Pewawancara akan mengajukan pertanyaan yang memungkinkan kamu untuk menjelaskan riwayat diri hingga tujuan profesionalmu.

Selain itu, pewawancara juga akan menanyakan bagaimana program beasiswa dapat memfasilitasi pencapaian tujuan tersebut. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Baca Juga