UHO Terima Rusun Mahasiswa Dilengkapi Fasilitas Kaum Difabel

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 27 Januari 2023
0 dilihat
UHO Terima Rusun Mahasiswa Dilengkapi Fasilitas Kaum Difabel
Pengguntingan pita sebagai tanda peresmian digunakannya rumah susun mahasiswa yang dilakukan oleh Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu. Foto: Ist.

" Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari patut berbangga, pasalnya telah menerima rumah susun (rusun) mahasiswa dari Balai Palaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi III Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari patut berbangga, pasalnya telah menerima rumah susun (rusun) mahasiswa dari Balai Palaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi III Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Saat memberikan sambutan, Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, keberadaan rusun tersebut sangat penting dan dibutuhkan di lingkungan universitas. Dia juga sangat mengapresiasi bantuan itu terutama pada Ridwan Bae selaku Komisi V DPR RI.

"Rusun ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Insya Allah fasilitas ini akan kami jaga dengan sebaik-baiknya," katanya, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga: Mahasiswa UHO Libur dan Efeknya Terhadap Pelaku Usaha

Zamrun juga mengungkapkan mahasiswa akan menempati rusun tersebut, hanya saja masih dalam suasana libur sehingga gedung tersebut terlihat kosong.

Foto bersama Muhammad Zamrun Firihu bersama satker P2P III bertempat di belakang asrama mahasiswa Ibnu Sina UHI. Foto: Nur Khumairah/Telisik

 

Kepala Balai Penyediaan Perumahan Sulawesi III, Pither Pakabu mengatakan, pembangunan rusun mahasiswa UHO tersebut mulai dibangun sejak 2021 hingga 2022.

Bangunan telah di PHO-kan pada Agustus 2022 lalu. Di mana, bangunan rusun itu telah memenuhi kriteria atau sudah layak untuk dihuni.

"Jadi dilakukan dengan metode tahun jamak atau kontrak jamak yaitu 2 tahun anggaran," bebernya.

Rusun ini terdiri tiga lantai dengan jumlah 43 unit dengan tipe 24 meter persegi. Lantai satu terdiri dari 11 unit tipe 1, 2 unit tipe 2 yang diperuntukkan bagi difabel, dan 2 unit ruangan serbaguna.

Muhammad Zamrun Firihu sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan Balai Palaksana Penyediaan Perumahan  Sulawesi III terutama pada Ridwan Bae selaku Komisi V DPR RI. Foto: Nur Khumairah/Telisik

 

Lantai dua dan lantai tiga terdiri dari 15 unit hunian tipe 1. Selain itu, hunian dilengkapi juga dengan beberapa fasilitas penunjang di antaranya kursi, meja, pakaian, ranjang susun serta fasilitas seperti mandi, cuci, kakus (MCK).

Halaman rusun juga dilengkapi dengan parkiran yang cukup luas dan pemandangan pepohonan yang diatur sedemikian rupa.

Baca Juga: Mahasiswa UHO Dihimbau Tak Terima Tawaran Calo Pembayaran UKT

Staf ahli Komisi V DRR RI, Andi Zainuddin berpesan agar pihak UHO Kendari benar-benar bisa memanfaatkan dengan baik rumah susun mahasiswa tersebut.

"Manfaatkan rusun ini sebaik mungkin, jika ada kelengkapan yang belum tersedia atau terpenuhi, kami menunggu saran dan masukan untuk menyampaikan kembali kepada pihak Kementerian," tutupnya.

Rencananya, bangunan tersebut akan diisi oleh mahasiswa yang berprestasi dan memiliki nilai akademik yang baik. Rusun ini sendiri berada di belakang asrama mahasiswa, Ibnu Sina UHO. (A-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga