Ulu Benua Keluar Sebagai Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 12 Juni 2023
0 dilihat
Ulu Benua Keluar Sebagai Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Konawe
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa saat melakukan penilaian di Desa Ulu Benua. Foto: Ist.

" Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe sukses menggelar lomba desa tingkat kabupaten tahun 2023 "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe sukses menggelar lomba desa tingkat kabupaten tahun 2023.

Dari ratusan desa yang mengikuti kegiatan tahunan itu, Desa Ulu Benua, Kecamatan Amonggedo keluar sebagai juara dan berhak mewakili Kabupaten Konawe dalam ajang lomba desa tingkat provinsi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Konawe Keny Yuga Permana mengungkapkan, Desa Ulu Benua berhasil mendapatkan nilai tertinggi dalam penilaian lomba desa.

Baca Juga: Ratusan Masyarakat Ikuti Pelepasan Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Kolaka Timur

“Hasil evaluasi dan penilaian tim penilai lomba desa berdasarkan Permendagri 81 Tahun 2018, Desa Ulu Benua mendapatkan nilai tertinggi,” jelasnya, Senin (12/6/2023).

Desa Ulu Benua keluar sebagai juara lomba desa tingkat Kabupaten Konawe tahun 2023. Foto: Ist.

 

Dalam Permendagri disebutkan, ada 3 indikator penilaian yang menjadi fokus tim dalam melakukan penilaian, pertama pelayanan pemerintah, Kewilayahan dan kemasyarakatan.

Keny mengatakan, sektor pelayanan pemerintahan Desa Ulu Benua mampu meyakinkan tim penilai dengan menunjukkan perangkat pemerintahan yang lengkap dan terorganisir dengan baik.

Selain itu, sektor kewilayahan Desa Ulu Benua, merupakan salah satu desa dengan tingkat produksi pertanian tertinggi di Sulawesi Tenggara.

Sedangkan kemasyarakatan Desa Ulu Benua, terdiri dari masyarakat adat Bali yang masih eksis melestarikan budayanya, dan potensi wisata permandian dan kearifan lokal terus tumbuh dan berkembang melengkapi indahnya pesona desa tersebut.

“Kami sudah melakukan pembinaan sejak 2 Minggu yang lalu, dan dalam waktu dekat kami bersama Bupati dan Sekda Konawe akan menggelar rapat membahas persiapan menghadapi lomba desa tingkat provinsi,” ujarnya.

Baca Juga: Kesbangpol Konawe Tekankan Jaga Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya Jelang Pemilu 2024

Keny optimis Desa Ulu Benua akan keluar sebagai juara lomba desa tingkat provinsi yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan ini.

Terpisah Kepala Desa Ulu Benua, I Made Adi mengaku, dengan segala potensi dan sumber daya yang ada serta dukungan pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Konawe, pihaknya yakin bisa memberikan yang terbaik untuk daerah.

“Desa Ulu Benua berkomitmen memberikan pelayanan pemerintah yang lebih baik,” katanya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga