Unik, Perusahaan di China Wajibkan Wawancara Kerja Pakai Topeng

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 23 Februari 2023
0 dilihat
Unik, Perusahaan di China Wajibkan Wawancara Kerja Pakai Topeng
Sebuah perusahaan di China mewajibkan para pelamar untuk mengenakan topeng selama wawancara kerja. Foto: Repro Pramborsfm.com

" Sebuah perusahaan di China menuai banyak pujian, karena mewajibkan pelamar kerja untuk memakai masker wajah secara penuh, guna menghindari perusahaan memilih kandidat berdasarkan penampilan "

SHANGHAI, TELISIK.ID - Jika biasanya HRD sebuah perusahaan dalam menyeleksi pegawai harus bertatap muka langsung dengan para kandidat, hal ini tak berlaku untuk sebuah perusahaan di China.

Dilansir dari Okezone.com, sebuah perusahaan di China menuai banyak pujian dari warganet, karena mewajibkan pelamar kerja untuk memakai masker wajah secara penuh, guna menghindari perusahaan memilih kandidat berdasarkan penampilan mereka.

Sebuah video viral menunjukkan adegan wawancara yang unik, dimana beberapa orang yang diwawancarai, semuanya mengenakan masker wajah penuh, sambil mendengarkan pewawancara yang juga mengenakan topeng.

Wanita bermarga Zeng, yang memfilmkan video tersebut pada 3 Februari, di Chengdu provinsi Sichuan, China barat daya, dan mempostingnya di akun Douyin-nya.

Wanita tersebut mengatakan bahwa dia merasa seluruh skenario tersebut aneh, tetapi ia juga mengatakan hal tersebut bisa bermanfaat bagi orang-orang dengan fobia sosial. Zeng mengatakan, perusahaan meminta mereka untuk mengambil topeng kosong dan menggambar apapun di atasnya.

Yang lebih aneh lagi, katanya perusahaan juga mengatur agar ada staf yang memotong dan membagikan tebu kepada para pelamar kerja. Perusahaan, Chengdu Ant Logistics, mengakui bahwa video tersebut diambil selama pameran perekrutan dua tahunan, di mana posisi termasuk operator media baru, penyiar siaran langsung, dan analis data direkrut.

Baca Juga: HRD Tanya Besaran Gaji Saat Wawancara Kerja? Ini 5 Tips Menjawabnya

Dikutip dari Kompas.com, pihak perusahaan mengklaim, video diambil saat perekrutan rutin dua tahunan baru-baru ini dan topeng digunakan untuk menghilangkan bias berdasarkan penampilan.

Perusahaan logistik China tersebut menambahkan, metode rekrutmen yang tak biasa ini tak hanya mengurangi tingkat stres calon pekerja, tetapi juga menekankan bahwa Chengdu Ant Logistics lebih menghargai kemampuan individu daripada penampilan.

Video yang viral di media sosial China ini mendapat reaksi positif dari jutaan orang. Banyak di antaranya mengaku mereka tidak keberatan mengenakan topeng saat melamar pekerjaan baru.

“Sebagai orang dengan fobia sosial, saya akan sangat menikmati wawancara kerja seperti ini,” tulis seseorang di media sosial Douyu.

"Ini kesetaraan, ketampanan tidak boleh dihitung," tambah netizen lainnya.

Namun, ada pihak yang meragukan keaslian penjelasan Chengdu Ant Logistics. Meskipun video itu memang direkam oleh pelamar kerja, topengnya diduga digunakan untuk melindungi identitas karena wawancara disiarkan langsung.

Baca Juga: 5 Tips Lolos Wawancara Kerja, Nomor 3 Paling Penting

Beberapa orang mengklaim, setelah videonya viral, Chengdu Ant Logistics mengubah wawancara tersebut menjadi aksi publisitas.

Beberapa orang juga mengambil kesempatan ini untuk mengecam China Railway No.3 Engineering Group, yang memicu kontroversi, setelah menerbitkan iklan perekrutan yang mencari karyawan wanita dengan "wajah cantik" dan "bentuk tubuh yang baik" pada Desember tahun lalu.

Chengdu Ant Logistics dikenal dengan wawancara kerjanya yang inovatif. Sebelumnya, pelamar diminta mencari tahu lebih dalam untuk menguji kapasitas eksekutif dan kemampuan beradaptasi mereka terhadap kesulitan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga