Unik, Salat Tarawih di Desa Ini Mulai Jam 10 Malam

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 09 April 2023
0 dilihat
Unik, Salat Tarawih di Desa Ini Mulai Jam 10 Malam
Pelaksanaan salat tarawih biasanya dilakukan setelah salat Isya atau sekitaran 07.40 Wita. Namun, hal ini tak berlaku di Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Foto: Repro Detik.com

" Salat tarawih di Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, terbilang cukup unik. Bagaimana tidak, salat tarawih di sini dilakukan pada 22.00 Wita atau pukul 10 malam "

BULELENG, TELISIK.ID - Pelaksanaan salat tarawih biasanya dilakukan setelah salat isya atau sekitar pukul 19.40 Wita. Namun, hal ini tak berlaku di Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Salat tarawih di desa ini terbilang cukup unik. Bagaimana tidak, salat tarawih di sini dilakukan pada 22.00 Wita atau pukul 10 malam.

Mengutip Detik.com, Ketua Bidang Idaroh Masjid Jamik Safinatusalam Muhamad Qosim mengatakan, kebiasaan ini sudah dilakukan oleh masyarakat desa setempat sejak lama. Tepatnya ini merupakan tradisi yang diwariskan oleh leluhur warga Pegayaman.

Shalat tarawih jam 10 malam di masjid hanya dikhususkan untuk jemaah laki-laki. Sementara, jemaah perempuan melaksanakan salat tarawih lebih dulu setelah salat isya pukul 20.00 Wita di musala terdekat.

Mereka bergantian salat tarawih dengan tujuan agar ada yang menjaga rumah supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Baubau Mengaji, 900 Orang Khatam Qur'an Bersamaan

"Mereka pulang bergantian lah. Pada intinya untuk menjaga rumah agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan salah satu tokoh masyarakat di Desa Pegayaman Muhammad Suharto. Suharto mengatakan, di Desa Pegayaman ada sebanyak lima banjar dinas, di antaranya Banjar Dinas Barat Jalan, Banjar Dinas Timur Jalan, Banjar Dinas Kubu Timpang, Banjar Dinas Lebah, dan Banjar Dinas Amerta Sari.

Perbedaan waktu salat juga terjadi pada saat salat Idul fitri. Di mana Salat Ied di Desa Pegayaman dimulai pukul 10.00 Wita. Alasannya sama karena jarak rumah warga dari masjid cukup jauh.

Namun, bagaimana waktu pelaksanaan salat tarawih sendiri? Dikutip dari Liputan6.com, salat tarawih dimulai setelah salat Isya hingga sebelum waktu salat subuh. Namun, tidak ada batas waktu yang pasti untuk melaksanakan salat tarawih.

Baca Juga: 7 Amalan Gapai Pahala di Bulan Ramadan Meski Sedang Haid

Waktu yang diperbolehkan untuk salat tarawih biasanya bervariasi di setiap daerah atau negara tergantung pada pendapat masing-masing ulama atau institusi keagamaan yang berwenang di daerah tersebut.

Dalam praktiknya, salat tarawih dapat dilakukan pada malam hari setelah salat isya sekitar pukul 20.00 hingga pukul 24.00. Namun, di beberapa tempat juga ada yang melaksanakan salat tarawih setelah salat subuh.

Intinya adalah kita berusaha untuk menjaga kualitas dan konsistensi dalam melaksanakan salat tarawih pada bulan Ramadan, karena salat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dan hanya bisa dilakukan di bulan Ramadan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga