Upaya Pemkot Kendari Mengurai Banjir dengan Penataan Kali Anduonouhu

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 22 Juni 2024
0 dilihat
Upaya Pemkot Kendari Mengurai Banjir dengan Penataan Kali Anduonouhu
Pemkot serta warga setempat menggelar aksi bersih-bersih di Kali Anduonouhu. Foto: Ist.

" Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari bekerja sama dengan BPBD, Dinas PU, Dinas Perumahan, kelurahan, kecamatan, serta warga setempat, menggelar aksi bersih-bersih di Kali Anduonouhu "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perumahan, kelurahan, kecamatan, serta warga setempat, menggelar aksi bersih-bersih di Kali Anduonouhu.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengatasi masalah sampah yang menyumbat aliran sungai, menyebabkan air meluap ke jalan dan menimbulkan banjir di sejumlah titik.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan dinas terkait lainnya membersihkan Kali Anduonouhu. Foto: Ist.

 

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, aksi pembersihan ini melibatkan puluhan personel dari berbagai dinas terkait. Bahkan, sejumlah petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari harus turun langsung ke sungai untuk mengangkut sampah yang menghalangi arus air.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kendari Terjun Langsung di Lokasi Banjir dan Menata Rumah Warga yang Terdampak

Normalisasi sungai ini menghasilkan pengangkutan sampah sebanyak dua truk, terdiri dari kayu dan bambu bekas tebangan warga yang berasal dari bagian hulu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari, Paminuddin, upaya ini merupakan langkah penting untuk mengembalikan fungsi sungai sebagai saluran air yang bebas hambatan.

Pemkot dan warga melakukan bersih-bersih dan mengangkut sampah di sejumlah kali yang tersumbat. Foto: Ist.

 

Pemerintah berharap dengan kegiatan ini, aliran air di Kali Andonohu bisa kembali lancar dan tidak menyebabkan banjir. Selain itu, kerja sama dari masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai sangat diharapkan.

Selama dua hari terakhir, curah hujan di Kota Kendari meningkat drastis, yang menyebabkan beberapa daerah mengalami banjir dan genangan air. Salah satu penyebab utama banjir ini adalah sampah yang menumpuk dan menyumbat aliran sungai.

Pemerintah Kota Kendari melalui berbagai dinas terkait bergerak cepat untuk mengatasi masalah ini. Kepala BPBD Kota Kendari, Fadlil Suparman mengungkapkan, hujan yang terjadi dua hari ini menyebabkan sejumlah bencana di Kota Kendari, seperti tanah longsor di Lorong Tupai Kelurahan Tipulu, satu pohon tumbang di Jalan Bunga Tanjung Kelurahan Watu-Watu, dan banjir di beberapa titik.

Baca Juga: Rayakan Idul Adha, PT Prima Mandiri Sultra berbagi Hewan Kurban dan Sembako

Saat ini, BPBD bersama DLHK sejak kemarin melakukan bersih-bersih untuk mengangkut sampah di sejumlah kali yang tersumbat.

Kolaborasi warga dan Pemkot Kendari untuk mengurai bencana. Foto: Ist.

 

Kali Anduonouhu, Kali Kambu, Kali Mokoau, Kali Anawai, Anggoeya, dan Kali Wua-Wua, merupakan beberapa sungai yang sempat meluap dan merendam beberapa rumah setinggi mata kaki. Namun semua sudah surut seiring berhentinya hujan. Meskipun demikian, normalisasi sungai masih terus dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir kembali di masa mendatang.

Upaya bersih-bersih ini tidak hanya dilakukan di Kali Anduonouhu, tetapi juga di beberapa sungai lainnya yang menjadi prioritas. Hal ini penting agar aliran air tidak terhambat oleh sampah dan mengurangi risiko banjir di kawasan tersebut. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga