Upaya Tingkatkan Bisnis Olahan Hasil Laut di Kabupaten Wakatobi

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Selasa, 11 Juli 2023
0 dilihat
Upaya Tingkatkan Bisnis Olahan Hasil Laut di Kabupaten Wakatobi
Pelatihan pengelolaan bisnis dan wirausaha industri olahan hasil laut di Aula Villa Nadila, Kabupaten Wakatobi. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Kabupaten Wakatobi memiliki kekayaan potensi sumber daya kelautan. Tak sedikit masyarakat manfaatkan menjadi suatu produk olahan. Seperti produk olahan dari ikan, rumput laut dan lainnya "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kabupaten Wakatobi memiliki kekayaan potensi sumber daya kelautan. Tak sedikit masyarakat manfaatkan menjadi suatu produk olahan. Seperti produk olahan dari ikan, rumput laut dan lainnya.

Untuk mengoptimalkan produk olahan yang dikembangkan oleh pelaku usaha. Pemda Wakatobi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), mengadakan pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha industri olahan hasil laut.

Kegiatan itu berlangsung dari 11-17 Juli 2023 di Aula Villa Nadila. Pada kesempatan itu Bupati Wakatobi, Haliana, memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Baca Juga: Berakhir Bulan Ini, Wajib Pajak di Wakatobi Manfaatkan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Haliana menyampaikan, pelatihan itu semoga dapat memberikan pengetahuan kepada peserta. Ia berharap peserta bisa mengikutinya dengan baik. Mengingat produk olahan hasil laut yang ada di Wakatobi sudah banyak dan sangat disayangkan jika tidak dikembangkan dengan baik.

"Pelatihan ini saya harap tidak hanya sekedar diikuti begitu saja. Tetapi betul-betul diniatkan dengan baik untuk menjadi seorang pengusaha yang baik," ujarnya, Selasa (11/7/2023).

Haliana berpesan, bukan hanya memperhatikan kuantitas produk yang begitu banyak diproduksi. Tetapi bagaimana kualitasnya terutama yang aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Menikmati Aktivitas Seru di Desa Wisata Liya Togo Wakatobi

Pelatihan itu diikuti oleh pelaku usaha IKM yang aktif dan memiliki potensi untuk mengembangkan produknya sehingga lebih bagus lagi. Dengan itu Kadis Perindag, Safiuddin berharap, peserta yang mengikuti bisa manfaatkan dengan baik.

"Harapannya dengan konsep tersebut bisa berlanjut. Mulai dari produknya, kemasan, bisnis manajemennya dan bisnis usaha itu bisa berjalan berkesinambungan," terangnya.

Safiuddun juga berpesan, peserta tidak hanya mengikuti pelatihan begitu saja. Tetapi hal itu bisa berlanjut dan mereka siap untuk melakukan pendampingan bagaimana usaha tersebut bisa dan terus berkembang. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga