Vaksin COVID-19 untuk Anak Mulai Uji Coba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 14 Februari 2021
0 dilihat
Vaksin COVID-19 untuk Anak Mulai Uji Coba
Ilustrasi penyuntikan vaksin pada anak. Foto: Repro Google.com

" Kendati demikian, karena virus corona ini menyerang siapa saja termasuk anak-anak, maka berbagai upaya pun dilakukan untuk melindungi anak dari virus yang menghebohkan dunia dalam setahun ini. "

OXFORD, TELISIK.ID - Vaksin COVID-19 yang banyak digunakan saat ini ditujukan untuk usia 18 tahun ke atas. Mengingat belum ada data tentang efektivitas dan keamanannya, anak-anak belum masuk prioritas vaksinasi.

Kendati demikian, karena virus corona ini menyerang siapa saja termasuk anak-anak, maka berbagai upaya pun dilakukan untuk melindungi anak dari virus yang menghebohkan dunia dalam setahun ini.

Berangkat dari itu, University of Oxford di Inggris untuk pertama kalinya meluncurkan penelitian untuk menilai keamanan dan respons imun vaksin COVID-19, yang dikembangkannya bersama AstraZeneca Inc, pada anak.

Baca juga: Seorang Gadis Remaja Diperkosa Bergiliran 4 Pria

Melansir detik.com yang mengutip dari Reuters, keterangan resmi dari Oxford menyebut, penelitian ini akan menentukan apakah vaksin tersebut efektif pada usia 6-17 tahun.

Sekitar 300 partisipan akan dilibatkan dalam penelitian tersebut, dengan pemberian pertama akan dijadwalkan pada bulan ini.

Vaksin COVID-19 buatan Oxford-AstraZeneca disebut-sebut sebagai 'vaccine for the world' karena harganya relatif lebih murah dan lebih mudah didistribusikan dibanding rival-rivalnya. Vaksin iini diberikan secara intramuskular dalam dua dosis.'

AstraZeneca menargetkan produksi 3 miliar dosis tahun ini dan lebih dari 200 juta dosis per bulan pada April. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga