Vaksinasi Massal, 1000 Dosis Vaksin COVID-19 untuk Warga Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 30 Juni 2021
0 dilihat
Vaksinasi Massal, 1000 Dosis Vaksin COVID-19 untuk Warga Kolaka Utara
Pelaksanaan vaksinasi massal di Kolut. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Vaksinasi akan terus dilakukan di setiap Puskesmas guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) gelar vaksinasi massal, Rabu (30/6/2021).

Vaksinasi massal tersebut tersebar di 16 titik sarana pelayanan kesehatan atau pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di 15 kecamatan se-Kabupaten Kolut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolut, Irham, S.Km.,M.Kes mengungkapkan, target sasaran vaksinasi massal untuk hari ini sebanyak 1000 dosis vaksin.

"Vaksinasi massal ini, dilakukan selama dua hari yakni 26 Juni 2021 lalu dan hari ini. Alhamdulillah untuk vaksinasi massal beberapa hari lalu realisasinya mencapai 2000 lebih dari target sasaran sebanyak 1000 dosis. Jadi persentasenya melebihi 100 persen," katanya.

Menurut Irham, meski sudah dilakukan vaksinasi massal hanya hari ini, bukan berarti proses vaksinasi telah selesai. Namun akan terus dilakukan secara gratis di setiap Puskesmas dan sarana kesehatan lainnya selama vaksin masih tersedia.

"Vaksinasi akan terus dilakukan di setiap Puskesmas guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kolaka Utara," terangnya.

Baca Juga: Kasus Meningkat, Busel Berubah Zona Dari Hijau ke Kuning

Khusus Kecamatan Lasusua, lanjut dia, vaksinasi massal digelar di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kolut dengan menyiapkan 600 dosis vaksin, sementara sisanya didrop ke setiap Puskesmas.

"Jadi sasaran vaksinasi massal hari ini adalah SKPD yang belum divaksin, pelayanan publik secara keseluruhan, dan masyarakat umum. Untuk masyarakat dari 12 desa se-Kecamatan Lasusua berdasarkan imbauan dan ketersediaan vaksin mendapatkan jatah vaksinasi sebanyak 10 dosis itu atau 10 orang per desa," jelasnya.

Mantan sekretaris Dinkes Kolut ini berharap vaksinasi massal berjalan lancar dan melebihi target sasaran, seperti vaksinasi massal yang digelar beberapa waktu lalu.

"Semoga vaksinasi massal ini berjalan lancar dan memenuhi target sasaran sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kolaka Utara," harapnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua Satgas COVID-19 Kolut, Dr. Taufiq Sonda, SP., MM menuturkan, kegiatan vaksinasi massal seperti yang dilakukan hari ini dapat memicu animo masyarakat untuk ikut menjalani vaksinasi.

Baca Juga: Jokowi Batal Tinjau Langsung Vaksinasi Massal di Konsel, Ini Alasannya

Sehingga, kata dia, kegiatan-kegiatan serupa kedepannya dapat menjadi role model.

Jadi kalau selama ini ada stetmen seakan-akan masyarakat takut divaksin, tambah dia, mak pikir stetmen tersebut sudah terjawab dengan melihat animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi massal yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juni lalu di Polres dan Puskesmas se-Kolaka Utara. Dimana, hasilnya mencapai 2000 lebih.

"Hari ini amino masyarakat untuk ikut vaksinasi juga masih sangat tinggi. Kami berharap kegiatan vaksinasi massal ini bisa menjadi role model yang akan kita laksanakan beberapa hari kedepan," pungkasnya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga