Viral, Anggota DPRD Kota Baubau Bantah Pesta Miras

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Minggu, 20 September 2020
0 dilihat
Viral, Anggota DPRD Kota Baubau Bantah Pesta Miras
Anggota DPRD Kota Baubau, NA. Foto: Repro Instagram

" Bahwa keseluruhan isi dalam berbagai pemberitaan tersebut membangun kesan bahwa saya sedang berada dalam pesta miras tersebut. Bahkan sebagian besar berita tersebut menampilkan foto saya tanpa sensor serta membangun opini menghakimi dan cenderung menyesatkan pembaca serta merugikan nama baik saya dan keluarga. Sebab faktanya dalam keseluruhan video tersebut, tidak ada satupun gambar/tayangan yang menunjukkan bahwa saya dalam situasi sedang melakukan pesta miras. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Anggota DPRD Kota Baubau, NA, tak menampik  video berdurasi 23 detik yang viral di medsos adalah dirinya. Namun, Ia menyesalkan pemberitaan yang menghakimi dan menyebut dirinya pesta miras.

Padahal menurutnya, dalam video tersebut tak satupun menunjukkan dirinya sedang menenggak minuman keras.

Hal itu diungkapkannya dalam hak jawab yang diberikan kepada media dalam bentuk file melalui WhatsApp, Minggu dini hari (20/9/2020).

Dalam tulisan tersebut, NA mengaku sangat dirugikan dengan pemberitaan yang tidak berimbang. Katanya, setelah mencermati isi berita beberapa media, keseluruhan sumber isi berita yang dimuat oleh rekan-rekan media tersebut hanyalah bersumber dari 2 potongan video pendek berdurasi 3 detik dan 9 detik yang direkam langsung oleh rekannya, serta 1 potongan video story instagram berdurasi 14 detik berisi gambar botol minuman beralkohol dimana dia sama sekali tidak mengetahui kejadian tersebut.

Anggota DPRD termuda di Kota Baubau itu juga merasa sangat keberatan dengan pemberitaan yang beredar.

Baca juga: Viral: Pesta Miras Diduga Anggota DPRD dan ASN asal Baubau

"Bahwa keseluruhan isi dalam berbagai pemberitaan tersebut membangun kesan bahwa saya sedang berada dalam pesta miras tersebut. Bahkan sebagian besar berita tersebut menampilkan foto saya tanpa sensor serta membangun opini menghakimi dan cenderung menyesatkan pembaca serta merugikan nama baik saya dan keluarga. Sebab faktanya dalam keseluruhan video tersebut, tidak ada satupun gambar/tayangan yang menunjukkan bahwa saya dalam situasi sedang melakukan pesta miras," jelasnya dalam tulisan tersebut.

"Selain itu juga, terkait narasi ada pelukan hingga hal-hal yang tidak senonoh yang saya lakukan bersama dengan salah seorang ASN, adalah hal sama sekali tidak benar. Sebab faktanya video tersebut hanya memperlihatkan situasi saya sedang berbincang sambal berbisik kepada rekan saya," sanggahnya.

Selanjutnya, NA menyebut akan mempertimbangkan untuk menempuh jalur hukum.

"Bahwa saya juga mempersilakan para pihak yang masih merasa keberatan untuk menempuh langkah sebagaimana mestinya dengan tetap menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah sebagaimana ketentuan pasal 5 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Bukan melalui penyebaran informasi yang tidak didahului dengan disiplin dalam melakukan verifikasi informasi," tulisnya.

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga