Viral: Demi Sekolah Online, Ibu Beli HP untuk Anaknya Pakai Uang Receh Hasil Bongkar Celengan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 16 Agustus 2021
0 dilihat
Viral: Demi Sekolah Online, Ibu Beli HP untuk Anaknya Pakai Uang Receh Hasil Bongkar Celengan
Mushokhib bersama dua anaknya membeli HP hasil membuka celengan. Foto: Repro krjogja.com

" Uang di celengan itu digunakan untuk membeli HP agar tugas-tugas sekolah yang diberikan secara online dapat mereka lakukan dengan lancar, tanpa harus berebut HP lagi "

MAGELANG, TELISIK.ID - Seorang ibu menggunakan uang celengan kedua anaknya untuk membeli handphone (HP). Dengan menggunakan uang receh itu, ibu tersebut membeli HP untuk anaknya sekolah daring.

Kejadian ini dialami oleh keluarga Mushokhib (40) dan Rismiyati (36), yang tinggal di wilayah Dusun Ngadiwongso Desa Ngadirejo Kecamatan Salaman Magelang.

Mushokhib mengatakan, anaknya Ahmad Ardan A (9) merupakan siswa kelas 3 dan Sofia Ghoyatun Nafisa (7) kelas 1 di SDN 4 Salaman Magelang. Kakak-beradik ini rela celengannya dibuka.

Uang di celengan itu digunakan untuk membeli HP agar tugas-tugas sekolah yang diberikan secara online dapat mereka lakukan dengan lancar, tanpa harus berebut HP lagi.

“Akhir-akhir ini kedua anak saya sering memperoleh tugas sekolah secara online. Untuk mengerjakan tugas ini, kedua anak saya ini mempergunakan 1 HP milik saya. Kadang mereka bergantian dalam menggunakan HP tersebut dan kadang berebut manakala waktu pengerjaannya bersamaan. Bahkan satu anak belum selesai mengerjakan tugasnya, satu anak lainnya sudah memintanya, juga untuk mengerjakan tugas sekolahnya,” kata Mushokhib, dikutip dari krjogja.com, Kamis (12/8/2021).

Melihat sering berebut HP untuk mengerjakan tugas sekolahnya, muncul gagasan untuk membeli HP baru, dan Ahmad Fardan berinisiatif membuka celengan yang terbuat dari bahan plastik. Saat dihitung, uang tabungannya berjumlah sekitar Rp 1.300.000, yang terdiri uang recehan atau mata uang logam pecahan Rp 500 dan Rp 1.000 yang seluruhnya berjumlah Rp 1.195.000, sedang lainnya lembaran uang kertas pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 50.000 dan juga Rp 100.000.

Karena masih kurang untuk membeli HP baru, Sofia juga rela celengannya ikut dibuka dan uangnya untuk menambah kekurangannya. Dari dua celengan milik kakak-beradik ini, terkumpul uang sekitar Rp 2 juta lebih.

Baca Juga: Bertahan Hidup di Masa Pandemi, Masyarakat Diedukasi Bercocok Tanam Hidroponik

Baca Juga: Vaksinasi Massal di Posko Satgas COVID-19 Timbulkan Kerumunan dan Abaikan Prokes

Dari uang tersebut, Mushokhib bersama istri dan kedua anaknya pergi ke salah satu konter HP yang ada di Salaman, dan ternyata harga HP yang dibeli tidak sampai Rp 2 juta.

Mushokhib mengatakan, dirinya tidak memiliki pemikiran untuk menukar uang recehannya terlebih dahulu. Ia sebelumnya juga bertanya kepada petugas konter HP, apakah boleh membeli HP dengan menggunakan uang recehan.

Setelah diperbolehkan, Mushokhib pun mengambil uangnya yang masih disimpan di sepeda motornya. Dengan uang recehan logam Rp 500 dan Rp 1.000 sebanyak Rp 1.300.000 serta beberapa lembar uang kertas, pembelian HP dilakukan, Minggu (8/8/2021) lalu. Kedua anaknya sekarang sudah memiliki celengan baru, yang juga terbuat dari bahan plastik. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga