Viral, Dokter Temukan 300 Batu Ginjal pada Tubuh Wanita Ini

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 20 Desember 2023
0 dilihat
Viral, Dokter Temukan 300 Batu Ginjal pada Tubuh Wanita Ini
Wanita berusia 20 tahun itu harus menjalani operasi invasif untuk mengeluarkan sekitar lebih dari 300 batu ginjal yang tampak seperti roti kukus kecil. Foto: Detikhealth.com

" Kisah Xiao-yu seorang wanita berusia 20 tahun di Taiwan yang harus menjalani operasi untuk mengangkat lebih dari 300 batu ginjal adalah suatu kondisi yang jarang terjadi. Faktor-faktor seperti keturunan, diet, dan kondisi medis mungkin berkontribusi pada pembentukan batu ginjal dalam jumlah yang sangat besar "

TAIWAN, TELISIK.ID - Kisah Xiao-yu seorang wanita berusia 20 tahun di Taiwan yang harus menjalani operasi untuk mengangkat lebih dari 300 batu ginjal adalah suatu kondisi yang jarang terjadi. Faktor-faktor seperti keturunan, diet, dan kondisi medis mungkin berkontribusi pada pembentukan batu ginjal dalam jumlah yang sangat besar.

Wanita berusia 20 tahun itu harus menjalani operasi invasif untuk mengeluarkan sekitar lebih dari 300 batu ginjal yang tampak seperti 'roti kukus kecil'. Kondisi ini dialami Xiao-yu karena tak suka meminum air mineral tapi ia lebih senang meminum boba.

Operasi pengangkatan batu ginjal umumnya dilakukan ketika batu ginjal menjadi terlalu besar atau menyebabkan masalah kesehatan serius. Paskaoperasi, penting untuk mengadopsi perubahan gaya hidup dan tindakan pencegahan yang direkomendasikan oleh dokter untuk mencegah pembentukan batu ginjal kembali.

Dari kisah tersebut menunjukkan pentingnya pemantauan kesehatan dan pemahaman mengenai faktor risiko yang mungkin memicu pembentukan batu ginjal. Jika ada gejala atau kekhawatiran terkait ginjal, segera berkonsultasi dengan profesional medis adalah langkah yang bijak.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Atasi Panik Attack

Dilansir dari Detikhealth, spesialis urologi, dr Hilman Hadiansyah mengatakan, sebenarnya tak bisa langsung menyimpulkan kaitan khusus minuman manis seperti boba sebagai penyebab langsung batu ginjal. Menurutnya memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti.

Bisa saja kondisi batu ginjal yang diidap wanita tersebut terjadi akibat dari metabolisme tubuh yang terganggu imbas dari penyakit penyerta lain, misalnya diabetes.

Batu ginjal adalah pembentukan massa keras yang terbentuk dari kristal dalam urine. Minum banyak air dan mengikuti saran dokter adalah penting untuk membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Jika Anda memiliki gejala atau kekhawatiran, segera berkonsultasi dengan profesional medis.

Batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

1. Kurangnya Minum Air: Dehidrasi dapat menyebabkan konsentrasi zat-zat dalam urine meningkat, meningkatkan risiko pembentukan batu.

2. Diet Tertentu: Konsumsi tinggi garam, protein hewani, oksalat (ditemukan dalam makanan seperti bayam, cokelat, kacang-kacangan), dan kurangnya kalsium dalam diet dapat berkontribusi.

3. Faktor Genetik: Riwayat keluarga batu ginjal dapat meningkatkan risiko seseorang.

4. Gangguan Metabolik: Beberapa kondisi medis, seperti hiperparatiroidisme atau asidosis renal tubular, dapat memengaruhi keseimbangan zat dalam urine.

5. Infeksi Urin: Infeksi yang sering dapat meningkatkan kemungkinan pembentukan batu.

6. Beberapa Penyakit: Beberapa kondisi medis, seperti penyakit ginjal polikistik atau sindrom usus buntu yang disebut malabsorpsi, dapat meningkatkan risiko.

Baca Juga: Ini 10 Nutrisi untuk Cegah Stunting

7. Obesitas: Orang yang obesitas mungkin memiliki risiko lebih tinggi.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan saran pengelolaan yang sesuai.

Sementara itu, dilansir dafi CNNindonesia, batu ginjal dapat mempengaruhi bagian mana pun di saluran kemih, mulai dari ginjal hingga kandung kemih.

Berikut beberapa gejala batu ginjal yang perlu diwaspadai:

- nyeri yang intens di punggung bawah,

- nyeri menjalat ke perut bagian bawah dan selangkangan,

- rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil,

- urine keruh, berwarna merah muda, atau cokelat,

- sering buang air kecil atau sebaliknya,

- mual dan muntah,

- demam. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga