Wakil Bupati: 2023 Jagung Kuning di Buton Utara Harus Booming

Aris, telisik indonesia
Rabu, 23 Maret 2022
0 dilihat
Wakil Bupati: 2023 Jagung Kuning di Buton Utara Harus Booming
Wakil Bupati Butur, Ahali (kemeja orange) di lokasi perkebunan jagung kuning di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Foto: Ist.

" Jagung kuning di Buton Utara tahun 2023 sudah harus booming. Jangan hanya bercerita di Facebook "

BONE, TELISIK.ID - Wakil Bupati Buton Utara (Butur), Kompol (Purn) Ahali, S.H, M.H bersama rombongan turun langsung ke perkebunan warga di Desa Lamakkaraseng dan Galung, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan untuk mempelajari manajemen pengelolaan jagung kuning.

Di tempat tersebut, rombongan studi tiru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Butur langsung melakukan wawancara dengan para petani terkait penanaman hingga proses manajemen pengelolaan jagung kuning.

Ahali mengimbau Kepala Bidang Pertanian dan para kepala desa yang melakukan kunjungan kerja di Bone tepatnya di Kecamatan Ulaweng, harus betul-betul mendengarkan penjelasan cara menanam dan proses pengelolaan jagung kuning agar bisa diaplikasikan di Kabupaten Butur.

"Jangan hanya kita pulang bawa cerita, tidak mau bawa data. Yang 40 orang ini kita kumpul kembali, kita jelaskan sama Pak Bupati," kata Ahali, Selasa (22/03/2022).

Ahali menambahkan, di tahun 2023, di Kabupaten Buton Utara jagung kuning sudah harus mem-booming.

"Jagung kuning di Buton Utara tahun 2023 sudah harus booming. Jangan hanya bercerita di Facebook," tegasnya.

Baca Juga: Penumpang Kapal KMP Mashima yang Jatuh ke Laut Kolaka Ditemukan Selamat

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bone, H. Andi Asman Sulaiman menyampaikan tentang pengelolaan jagung kuning kepada para rombongan studi tiru Kabupaten Butur.

Menurut Andi Asman, untuk merangsang masyarakat agar mau bertani menanam jagung kuning, pemerintah harus menyiapkan pasar jagung kuning.

"Pertama kita siapkan fasilitas yang terbaik untuk petani, seperti menyiapkan bibit yang berkualitas. kedua bagaimana kita harus menjaga akses pasaran antara petani dan pasar, disini itu kita menjaga harga. Pemerintah hanya menyiapkan peralatan pendukung," ungkapnya.

Baca Juga: Festival Budaya Busel Kembali Digelar

Sementara itu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, Nurdin mengungkapkan, cara menggali minat masyarakat agar mau menanam jagung kuning yaitu, pemerintah daerah harus mengetahui cara merangsang animo masyarakat dan menyiapkan pasar jagung kuning.

"Kami gunakan pupuk kandang, setelah ditanam jagungnya, dihamburkan di atasnya," ujarnya. (A-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga