Waspada, 6 Penyakit Ini Tersembunyi di Balik Perut Buncit

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 11 September 2022
0 dilihat
Waspada, 6 Penyakit Ini Tersembunyi di Balik Perut Buncit
Perut buncit memiliki penyakit yang tersembunyi dan harus diwaspadai. Foto: Repro Istockphoto

" Seseorang memiliki perut buncit tidak hanya merusak penampilan, namun juga menyimpan berbagai penyakit. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Seseorang memiliki perut buncit tidak hanya merusak penampilan, namun juga menyimpan berbagai penyakit.

Ada penyakit yang muncul gara-gara perut buncit. Bahaya perut buncit timbul karena adanya penimbunan lemak di sekitar organ dalam tubuh.

Pada umumnya, dikutip wikipedia, perut buncit atau perut gendut, dikenal dengan nama klinis obesitas abdominal atau obesitas sentral, adalah kumpulan lemak abdominal berlebih yang terdapat di daerah abdomen.

Obesitas abdominal berkaitan erat dengan penyakit kardiovaskular. Lantas, apa bahaya dari perut buncit?

Baca Juga: 8 Bahan Alami Bisa Atasi Tenggorokan Gatal, Yuk Coba

Melansir cnnindonesia.com, berikut enam kondisi yang dikaitkan dengan lemak pada perut buncit:

1. Diabetes

Selalu ada hubungan erat antara terlalu banyak lemak di sekitar perut dan risiko terkena diabetes tipe 2. Salah satu alasannya mungkin karena lemak visceral menghasilkan sitokin, yang merupakan bahan kimia sistem kekebalan yang berbahaya yang dapat membuat sel kurang sensitif terhadap efek insulin yang mengatur gula darah.

2. Tekanan darah tinggi

Sitokin yang diproduksi oleh lemak visceral tidak hanya mempengaruhi kadar insulin, tetapi juga dapat mempengaruhi kemampuan sel untuk mengatur tekanan darah.

Menurut sebuah penelitian, ditemukan bahwa hanya 5 persen peningkatan lingkar berat badan yang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi sebesar 34 persen untuk pria dan 28 persen untuk wanita, mengutip Live Strong.

3. Serangan jantung

Umumnya, memiliki terlalu banyak lemak dalam tubuh dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Tapi lemak perut mungkin sangat berbahaya karena memompa keluar asam lemak yang memberi sinyal pada hati untuk memproduksi lebih banyak kolesterol jahat dan lebih sedikit kolesterol baik.

Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang membawa lebih banyak berat badan di sekitar bagian tengah tubuh lebih mungkin mengalami serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang berat badannya lebih tinggi secara keseluruhan.

4. Demensia

Terlalu banyak lemak di perut juga dapat mempengaruhi fungsi otak. Sebuah studi menemukan bahwa lingkar pinggang lebih besar dari 35 inci untuk pria dan 33 inci untuk wanita dikaitkan dengan risiko demensia yang jauh lebih tinggi, terlepas dari hal-hal seperti usia, BMI, tekanan darah, kolesterol, kesehatan hati atau faktor gaya hidup lainnya.

Hal ini bisa jadi karena kemampuan lemak visceral untuk meningkatkan peradangan di seluruh tubuh, menurut para peneliti.

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Minum Kopi Pagi Hari

5. Asma

Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara ukuran perut yang besar dan risiko asma, bahkan pada orang yang memiliki berat badan normal secara keseluruhan.

Memiliki lebih banyak lemak di rongga perut dapat mempersulit paru-paru untuk mengambil oksigen yang diperlukan.

6. Kanker

Penelitian telah menghubungkan orang yang memiliki terlalu banyak lemak perut dengan risiko yang lebih besar untuk kanker tertentu.

Studi menemukan bahwa wanita yang lingkar pinggangnya sama dengan pinggulnya empat kali lebih mungkin terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita dengan pinggang yang lebih kecil.

Studi lainnya menemukan bahwa terlalu banyak lemak perut dapat melipatgandakan risiko kanker kolorektal. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga