Waspada Titik Rawan Tawuran Pelajar di Kendari

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 27 Januari 2023
0 dilihat
Waspada Titik Rawan Tawuran Pelajar di Kendari
Perilaku tawuran dan kekerasan di kalangan pelajar marak dilakukan, termasuk di Kota Kendari. Foto: CNN Indonesia

" Kasus tawuran dan kekerasan di kalangan pelajar semakin marak, khususnya di Kota Kendari. Usia remaja seperti para pelajar menjadi masa transisi yang rawan terpengaruh oleh hal-hal negatif "

KENDARI, TELISIK.ID - Kasus tawuran dan kekerasan di kalangan pelajar semakin marak, khususnya di Kota Kendari. Usia remaja seperti para pelajar menjadi masa transisi yang rawan terpengaruh oleh hal-hal negatif.

Kapolresta Kendari, Kombes Pol M Eka Faturrahman mengatakan, tingkat tawuran dan kekerasan pelajar tahun 2022 meningkat di banding tahun sebelumnya. Lebih lanjut Eka mengungkap titik-titik rawan tawuran di Kota Kendari.

"Kalau siang itu di sekitaran Mall Rabam, sedangkan kalau malam biasa itu geng-geng di Wua-wua dan Puuwatu, Punggolaka," katanya, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga: Beredar Rekaman Pengakuan Calon PPS di Konawe Diminta Uang Jutaan Rupiah Agar Lolos Seleksi

Beberapa pelajar akhir-akhir ini ia amati banyak terlibat tawuran seperti SMKN 1 Kendari, SMKN 2 Kendari, SMAN 7 Kendari, SMAN 6 Kendari.

Ia menambahkan, saat ini handphone dan media sosial menjadi faktor yang paling mempengaruhi pelajar melakukan tindak kenakalan remaja seperti tawuran dan kekerasan.

Oleh karena itu Eka mengimbau, semua orang tua untuk mengecek handphone anak secara berkala dan mengawasi aktivitas sosial media mereka, untuk memastikan anak aman dari grup-grup premanisme di internet.

Baca Juga: Uang Ratusan Juta Dalam Kantong Plastik Hijau Hebohkan Warga Kendari

Kepolisian sendiri tetap bertindak tegas dengan perilaku kriminal di kalangan pelajar, dan akan memberi sanksi sesuai dengan hukum peradilan anak apabila aktivitas tawuran sampai menelan korban.

Saking maraknya aktivitas tawuran di kalangan pelajar, Plt Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Tenggara, Anggaraeni Balaka mengatakan, pihaknya akan menyambangi para pelajar ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan pelarangan tawuran dan kekerasan.

Ia juga mengimbau pihak sekolah untuk melakukan langkah konkret dalam mengawasi siswanya agar tidak terlibat tawuran. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga