Wedang Uwuh, Minuman Rempah Kaya Khasiat

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Kamis, 13 Agustus 2020
0 dilihat
Wedang Uwuh, Minuman Rempah Kaya Khasiat
Wedang uwuh terdiri dari jahe, cengkeh, daun kayu manis kering, daun pala kering, serutan kayu secang, dan gula batu. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" Masyarakat sudah mengganti minuman bersoda dengan minuman herbal berupa wedang uwuh yang lebih sehat dan berkhasiat. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Wedang uwuh merupakan minuman penghangat tubuh. Terdiri dari jahe, cengkeh atau batang cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis kering, daun pala kering, serutan kayu secang, dan gula batu.

Minuman ini memiliki beberapa khasiat, seperti sebagai antioksidan dan menurunkan kolesterol. Wedang uwuh dapat dibuat sendiri di rumah, bahannya pun bisa ditemukan di tempat penjaja sayur.

Langkah pertama, bakar jahe, lalu digeprek hingga pipih. Didihkan air, lalu masukkan jahe untuk direbus hingga sarinya keluar.

Masukkan juga cengkeh atau batang cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis, daun pala, serutan kayu secang dan gula batu.

Rebus semua bahan hingga mendidih, proses ini bisa memakan waktu selama 15 menit. Jika sudah mengeluarkan warna merah bata minuman dapat diangkat dan tuangkan dalam gelas. Selanjutnya wedang uwuh bisa dihidangkan dengan disaring atau tanpa disaring.

Minuman ini bisa disimpan dan bertahan hingga 3-5 hari di dalam kulkas. Wedang uwuh bisa disajikan panas atau tambahkan es batu untuk sensasi dingin.

Retnosyari Septiyani, S.TP, M.Sc, mengatakan, banyak warga masyarakat belum berkomitmen untuk mengembangkan pangan lokal. Untuk itu, ia kembangkan inovasi itu agar bisa bersaing secara kualitas. "Agar bisa diterima konsumen lokal, nasional bahkan internasional," kata Retnosyari Septiyani, Ketua Prodi Bisnis Jasa Makanan UAD Yogyakarta.

Baca juga: Apakah Baik Bersepeda Menggunakan Masker?

Menurutnya, saat ini mulai tumbuh kesadaran dari masyarakat tentang pentingnya back to nature dan healthy life.

"Masyarakat sudah mengganti minuman bersoda dengan minuman herbal berupa wedang uwuh yang lebih sehat dan berkhasiat," tandasnya.

Perempuan asal Bantul, DIY, sejak 2008 sudah menekuni bisnis minuman tradisional. Dan cita-citanya sejak masih kuliah mengangkat pangan lokal dan menduniakan wedang uwuh.

Menurutnya, wedang uwuh atau minuman sampah ini memiliki keunikan dan memiliki nilai yang lebih tinggi.

Konon, wedang uwuh adalah minuman Raja Mataram yang pertama kali dibuat saat Sultan Agung bersemedi di wilayah Makam Imogiri Bantul.

Lulusan Fakultas Teknologi Pangan UGM Yogyakarta itu memanfaatkan produk lokal menjadi lebih tinggi nilainya, alami dan kaya manfaat.

Dari situlah dirinya mulai berinovasi dengan melakukan berbagai riset. "Khususnya dalam mengemas wedang uwuh menjadi siap minum yang bisa awet berbulan-bulan," jelasnya.

Untuk mengikuti permintaan pasar, kini ia buat minuman wedang uwuh jadi minuman kemasan cup atau botol. Juga dalam kemasan sachet yang awet mirip teh celup, teh tubruk, sirup.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga