adplus-dvertising

WhatsApp akan Rilis Mode Menghilang untuk Ponsel Android dan iOS

Haerani Hambali, telisik indonesia
Selasa, 18 Mei 2021
472 dilihat
WhatsApp akan Rilis Mode Menghilang untuk Ponsel Android dan iOS
Lambang aplikasi WhatsApp dan Facebook di telepon seluler pintar. Foto: Repro Suara.com

" Hari ini kami mengumumkan fitur baru yang disebut Disappearing Mode! Jika anda menyukai privasi, maka disappearing message adalah fitur yang cocok untuk anda "

JAKARTA, TELISIK.ID - WhatsApp dilaporkan sedang mengembangkan fitur Disappearing Mode atau mode menghilang. Fitur ini ditujukan untuk menjaga privasi pengguna.

"Hari ini kami mengumumkan fitur baru yang disebut Disappearing Mode! Jika anda menyukai privasi, maka disappearing message adalah fitur yang cocok untuk anda," kata WhatsApp seperti yang dibocorkan WABetaInfo, dikutip dari Suara.com, jaringan Telisik.id, Selasa (18/5/2021).

Jika mode ini diaktifkan, maka seluruh riwayat chat yang ada di WhatsApp pengguna akan dihapus, baik itu chat pribadi ataupun chat grup. Dengan demikian, pengguna akan memulai chat baru jika mau mengirimkan pesan lain ke seseorang.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna mesti mengaturnya secara manual. Artinya, fitur ini masih hanya berlaku untuk beberapa kontak ataupun grup yang sudah diatur dalam opsi "Contact Info" dan "Group Info".

Disappearing Mode ini memang belum tersedia untuk umum, meskipun pengguna sudah memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

Baca Juga: WhatsApp dan Telegram Perang, Saling Bongkar Aib di Twitter

Namun jika WhatsApp sudah merilisnya lebih luas, maka pengguna bisa mengaktifkannya secara otomatis di WhatsApp Settings>Privacy. Setelahnya, semua chat akan terhapus dan pengguna bisa membuat chat baru.

Ini merupakan terobosan baru untuk WhatsApp. Sebab aplikasi jarang menambahkan fitur yang fokus pada privasi dalam beberapa waktu terakhir. Disappearing Mode diharapkan akan tersedia di pembaruan mendatang untuk pengguna WhatsApp versi Android maupun iOS.

Melansir dari Mobile Syrup pengguna sebelumnya sudah bisa menikmati fitur aplikasi pesan disappearing message untuk 7 hari. Dengan mengaktifkan fitur ini maka pesan yang terkirim akan terhapus secara otomatis setelah tujuh hari.

Dilansir dari Detik.com, WhatsApp juga akan membuat fitur disappearing message dengan menghadirkan opsi hapus pesan secara otomatis setelah 24 jam. Sayangnya belum jelas kapan fitur tersebut akan segera dirilis untuk publik.

Baca Juga: Hati-Hati, Ada Ancaman Keamanan Lewat Aplikasi Kamera dan Mikrofon

Sebagai informasi tambahan, pada Sabtu (15/5/2021), WhatsApp mulai memberlakukan kebijakan aturan privasi terbarunya. Bagi pengguna yang belum menyetujui aturan tersebut perlahan akan kehilangan akses ke beberapa fitur WhatsApp hingga mereka menerima persyaratan baru.

Misalnya, pengguna pertama-tama akan kehilangan kemampuan untuk mengakses daftar obrolan. Kemudian, panggilan audio dan video akan berhenti berfungsi dan pengguna tidak akan lagi menerima pemberitahuan pesan baru di WhatsApp.

Akun yang dianggap tidak aktif karena tidak menerima aturan privasi baru pada akhirnya akan dihapus setelah 120 hari. Dengan demikian, cepat atau lambat pengguna yang ingin terus memakai WhatsApp harus menerima persetujuan tersebut. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga