Wisata Bendungan Ladongi Kolaka Timur Masih Tutup untuk Umum

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 07 Oktober 2022
0 dilihat
Wisata Bendungan Ladongi Kolaka Timur Masih Tutup untuk Umum
Gerbang masuk wisata Bendungan Ladongi Kolaka Timur yang saat ini ditutup untuk umum. Jumat (7/10/2022) Foto : Sigit Purnomo/Telisik

" Bendungan Ladongi yang digadang-gadang menjadi pusat wisata air di Kolaka Timur sampai saat ini masih ditutup untuk umum "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Bendungan Ladongi yang digadang-gadang menjadi pusat wisata air di Kolaka Timur sampai saat ini masih ditutup untuk umum. Jumat (7/10/2022).

Usai diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo Selesa, 28 Desember 2021 lalu, bendungan Ladongi ini memiliki potensi untuk menjadi pusat wisata air yang ada di Kolaka Timur.

Namun pembangunan bendungan ini sampai saat ini belum rampung, masih ada beberapa kontruksi bangunan yang masih perlu diperkuat.

Baca Juga: Ini Dia Duta Pariwisata Muna Barat, Terus Dikontrol Etika dan Mentalnya

Menurut penuturan salah satu pengelola Bendungan Ladongi, jika sampai sekarang belum bisa dibuka untuk umum, karena masih ada beberapa pengerjaan proyek yang belum selesai.

"Yah, soalnya masih ada pembangunan, jangan sampai nanti takutnya ada hal-hal yang tidak kita inginkan kalau kita buka untuk umum," ujarnya pria yang tak ingin disebut namanya itu.

Menurut pantauan Telisik.id, masih ada beberapa masyarakat yang bisa masuk ke dalam bendungan ini untuk memancing ikan di area bendungan.

Menurut penuturan Ade, salah satu  pemancing ikan menuturkan, jika dirinya bisa masuk melalui jalur belakang yang masih bisa dilalui.

Baca Juga: Selain Penindakan, Polres Muna Siapkan Hadiah Bagi Pengendara Tertib Berlalu Lintas

"Sebenarnya dilarang, ya hanya kita sembunyi-sembunyi saja masuknya, supaya tidak dilihat," bebernya.

Di sisi lain ada warga yang setuju dengan penutupan sementara bendungan itu, karena bisa mengotori wilayah bendungan, memgingat masyarakat yang kurang bisa menjaga kebersihan saat berkunjung.

"Soalnya orang-orang di sini susah dikasih taunya," ucapnya.

Bendungan Ladongi berkapasitas 45,9 juta meter kubik dengan luas lahan 222 hektare. Bendungan Ladongi nantinya bisa mengairi sawah-sawah di sejumlah kabupaten di sekitarnya, yakni Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan dan Kolaka. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

Baca Juga