adplus-dvertising

Yuk, Kenali 9 Buah yang Paling Banyak Mengandung Vitamin C

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 17 Juni 2022
387 dilihat
Yuk, Kenali  9 Buah yang Paling Banyak Mengandung Vitamin C
Sejumlah buah yang banyak mengandung vitamin C. Foto: Repro hellosehat.com

" Vitamin C memiliki efek antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh dalam menjaga kebugaran adalah vitamin C.

Dikutip dari alodokter.com, vitamin C atau asam askorbat (ascorbic acid) adalah vitamin yang diperlukan untuk mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin C.

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan terjadinya penyakit skorbut atau scurvy. Selain itu, vitamin C juga memiliki efek antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.


Salah satu sumber terbaik vitamin ini adalah buah-buahan. Namun selama ini, banyak orang beranggapan bahwa sumber terbaik vitamin C adalah jeruk. Padahal, jeruk bukanlah buah yang paling banyak mengandung vitamin C.

Masih ada buah-buahan lain dengan kandungan vitamin C yang jauh lebih berlimpah.

Melansir hellosehat.com, berikut beberapa buah yang mengandung banyak vitamin C:

1. Jambu biji

Jika Anda mencari buah yang mengandung vitamin C, jambu biji pasti ada di deretan teratas. Satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung lebih dari 200 miligram asam askorbat, jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah yang ada pada jeruk.

Selain vitamin C, jambu biji juga kaya akan serat. Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, zat gizi bermanfaat dalam jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

2. Pepaya

Pepaya biasanya dikenal sebagai buah untuk melancarkan BAB. Namun, tahukah Anda bahwa buah berwarna cerah ini juga kaya akan vitamin C? Kandungan vitamin C pada setengah buah pepaya adalah sebesar 94 miligram, sedikit lebih tinggi daripada jeruk.

Baca Juga: Catat, Ini 7 Obat Asam Lambung yang Mudah Dicari

Buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks (terutama vitamin B6, B2, dan B1), kalium, dan kalsium. Berkat kandungan ini, pepaya dapat membantu metabolisme tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kesehatan mata.

3. Kiwi

Buah lainnya yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi adalah kiwi. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 64 miligram, atau setara dengan 71% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Kiwi juga mengandung vitamin A, E, K, serta berbagai jenis mineral. Uniknya lagi, buah dengan kulit ‘berbulu’ ini mengandung asam lemak omega-3, zat gizi yang biasanya ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon.

4. Jeruk

Sebagai buah yang dikenal mampu melawan penyakit, kandungan gizi jeruk memang tidak main-main. Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 82,7 miligram. Jumlah ini dapat mencukupi 91% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Jeruk juga mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin B1, B9 (folat), dan kalium. Dengan mengonsumsi jeruk, tubuh Anda pun bisa memperoleh antioksidan berupa fenol dan likopen.

5. Stroberi

Setengah gelas (125 gram) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tapi hal ini sama sekali tidak mengurangi manfaat stroberi bagi kesehatan.

Selain mengandung vitamin C, stroberi juga termasuk buah yang kaya antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan pada stroberi mungkin berpotensi menurunkan risiko kanker dan penyakit saraf serta memperlambat penuaan.

6. Nanas

Apabila Anda mulai bosan dengan jeruk, cobalah menggantinya dengan nanas. Cukup dengan mengonsumsi satu potong besar nanas, Anda bisa memperoleh 79,3 miligram vitamin C. Jumlah ini dapat memenuhi 88% kebutuhan vitamin C Anda dalam satu hari.

Nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain adalah enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung. Enzim ini juga dapat berfungsi sebagai zat antiradang.

7. Mangga

Meskipun tak sebanyak buah-buahan lain yang sudah disebutkan, kandungan vitamin C pada mangga tetap patut diperhitungkan. Mengonsumsi setengah buah mangga dapat memberikan asupan vitamin C sebesar 60 miligram, atau setara 66% kebutuhan harian.

Baca Juga: Pasutri Perlu Coba, Ini Resep Kopi yang Bisa Tingkatkan Gairah Seksual

Mangga juga kaya akan serat dan fitokimia, seperti karotenoid dan polifenol. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa senyawa antioksidan polifenol yang ada dalam buah mangga berpotensi menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.

8. Blackcurrant

Blackcurrant umumnya lebih dikenal sebagai rasa minuman. Padahal, blackcurrant segar mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi, yakni 101 miligram untuk setiap satu cangkir buah (56 gram).

Buah ini juga mengandung senyawa yang disebut antosianin. Antosianin adalah pigmen pemberi warna gelap pada blackcurrant sekaligus antioksidan yang berpotensi menurunkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

9. Lemon

Kemiripan lemon dan buah jeruk tidak terbatas pada rasanya saja, tapi juga kandungan vitamin C-nya. Sebuah lemon utuh lengkap dengan kulitnya mengandung 83 miligram vitamin C, atau setara dengan 92% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Seperti buah-buahan sitrus lainnya, lemon juga mengandung antioksidan, serat, dan zat fitokimia. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa ketiga zat tersebut dapat memelihara kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Banyak orang memilih meminum suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin C-nya. Padahal, salah satu cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini adalah dengan mengonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga