Yuk Zikir Pagi, Pembuka Pintu Rezeki

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 21 September 2021
0 dilihat
Yuk Zikir Pagi, Pembuka Pintu Rezeki
Seorang muslimah sedang berzikir. Foto: Repro idntimes.com

" Amalan zikir termasuk zikir pagi pembuka pintu rezeki, merupakan amalan yang dianjurkan dilakukan untuk mengingat Allah SWT "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat Muslim untuk dilakukan setiap hari adalah berzikir.

Dikutip dari wikipedia.org, zikir merupakan sebuah aktivitas ibadah dalam umat Muslim untuk mengingat Allah. Di antaranya dengan menyebut dan memuji nama Allah, dan zikir adalah satu kewajiban yang tercantum dalam al-Qur'an.

Selain itu, amalan zikir termasuk zikir pagi pembuka pintu rezeki, merupakan amalan yang dianjurkan dilakukan untuk mengingat Allah SWT. 

Hal tersebut berdasarkan dalam firman-Nya di surah Al-Ahzab ayat 42-43, yang artinya:

"Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan sore. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampun untukmu). Supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Yang Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman."

Salah satu waktu terbaik untuk berzikir adalah saat pagi hari. Zikir pagi dapat meningkatkan amalan, pahala, ketenangan serta sebagai bentuk kita meminta perlindungan atas hari yang akan dilalui.

Dilansir dari Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut beberapa bacaan zikir pagi pembuka rezeki lengkap dengan artinya yang bisa menjadi referensi:

1. Bacaan Ta’awudz

“A'uudzu billaahi minasy-syaithoonir-rojiim.”

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.

2. Al-Baqarah Ayat 5 Ayat Pertama

“Alif laam miim, dzalikal kitaabu laa rayba fiihi, hudaa liil muttaqiin, allaziina yu’minuuna bil ghaybi wa yuqiimuunas sholaata wa mimmaa razaqnaahum yunfiquun, wal ladziina yu’minuun bimaa unzila ilaika wamaa unzila min qablika wa bil aakhirati hum yuuqinuun, ulaaika ala hudam mirrabbihim waulaaika humul muflihun.”

Artinya: "Alif laam miim. Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa. (Yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka. Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al-Qur'an) yang telah diturunkan kepadamu dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung."

3. Al-Baqarah Ayat 255 (Ayat Kursi)

"Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumm, laa ta'khuduhuu sinatun wa laa naum, lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi, man dzalladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih, ya'lamu maa bainaa aidiihiim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bi syai-in min 'ilmihii ilaa bimaa syaa-a, wa si'a kursiyyuhussamaawaati wal ardhi, wa laa ya-uuduhu hifzhuhumaa wa huswal 'aliyyul 'azhiim"

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (Makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. KepunyaanNya apa yang ada dilangit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisiNya tanpa seizinNya. Dia mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan dibelakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Baca Juga: Panjatkan Doa Ini Agar Segala Urusan Lancar dan Dimudahkan

Baca Juga: Ini Dia Amalan yang Tidak Akan Terputus Pahalanya Walaupun Manusia Telah Meninggal Dunia

4. Sayyidul Istighfar

“Allaahumma anta robbii, laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii, wa anaa 'abduka, wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika mas-tatho'tu, a'uudzu bika min syarri maa shona'tu, abuu-u laka bini'matika 'alayya, wa abuu-u laka bi-dzanbii, faghfir lii, fa-innahu laa yagh-firudz-dzunuuba illaa anta.”

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”

5. Zikir Pagi Terhindari dari Segala Keburukan

“Ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.”

Artinya: “Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.” (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga