Logo Telisik.id

Kakek di Baubau Sudah 4 Tahun Terpaksa Bertahan Hidup di Atas Perahu

11412 dibaca Kakek di Baubau Sudah 4 Tahun Terpaksa Bertahan Hidup di Atas Perahu

Suasana tempat tinggal Kakek Asmin di atas perahu. Foto: Ridwan/Telisik.id

" Karena pencaharian dan kebutuhan, saya juga tidak memiliki rumah di darat."

BAUBAU, TELISIK.ID - Seorang kakek berusia 61 tahun, Asmin warga Kelurahan Lowu-Lowu, Kecamatan Lea-Lea, Kota Baubau harus menjalani hidupnya dengan tinggal di atas perahu.

Kakek Asmin terpaksa menetap di atas perahu, sejak empat tahun silam. Hal tersebut dipilihnya, karena keterbatasan ekonomi sehingga mengantarkannya harus hidup di atas perahu selama bertahun-tahun.

Tepatnya, kakek ini tinggal di rumah terapung di Kelurahan Nganganaumala, persis di bawah Jembatan Tengah Kota Baubau.

Menurut Kakek Asmin, selain keterbatasan ekonomi tuntutan pencaharian biaya hidup juga yang mengharuskannya bertahan di atas perahu.

"Karena pencaharian dan kebutuhan, saya juga tidak memiliki rumah di darat," katanya saat ditanyai awak media, Sabtu (20/02/2021).

Kendati demikian, Kakek Asmin mengaku tidak merasa khawatir ketika memasuki musim penghujan dan angin kencang, yang sewaktu-waktu bisa mengenai tempat tinggalnya di perahu.

Baca juga: Seorang Ibu di Baubau Pasrah atas Penyakitnya Lantaran Tidak Punya Biaya

Berada di perahunya, Kakek Asmin juga mengaku, sudah lebih dari dua tahun tidak menemui Istri dan dua anaknya, yang tinggal di Desa Bungi, Kecamatan Kontu Naga, Kabupaten Muna.

"Sudah dua tahun lebih saya tidak pernah temui mereka. Mereka juga sama dengan saya tinggal juga di perahu," jelas Kakek Asmin.

Hanya saja, meski berada di atas perahu, ia punya keinginan untuk membawa keluarganya hidup bersama di Baubau.

"Saya juga ingin bawa mereka di sini, tapi saya lagi sakit sekarang. Saya juga mau buatkan alat (perahu) yang baru di sini untuk menunjang mereka," lanjutnya.

Kakek Asmin hingga saat ini tidak memiliki rumah di darat. Katanya, Ia sempat mempunyai keinginan untuk memiliki rumah. Namun, apa daya, kondisi ekonominya tidak memadai.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Kakek Asmin seringkali diberi santunan oleh para dermawan. Namun, sampai saat ini ia mengaku belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah.

"Belum pernah saya dapat bantuan dari pemerintah," tukasnya. (B)

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Fitrah Nugraha

Post Tags: Manusia Perahu Baubau

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video