adplus-dvertising

10 Tempat Wisata Paling Unik di Dunia, Ada Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 27 Juli 2022
616 dilihat
10 Tempat Wisata Paling Unik di Dunia, Ada Indonesia
Goa Glowworm di Waitomo, Selandia Baru yang indah dengan beragam stalaktit dan bercahaya bagaikan gemerlap bintang di langit. Foto: Repro idntimes.com

" Gunung Ijen yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, memiliki fenomena api biru setiap hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00 dini hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Alam terkadang menyajikan keindahan yang beragam, tak sedikit dijadikan sebagai tempat wisata. Tempat wisata selalu mempunyai daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Terlebih jika tempat tersebut mempunyai keistimewaan tidak biasa dari yang lainnya.

Sebuah wisata alam yang bahkan tidak bisa ditemukan di tempat lain, karena saking indahnya. Beberapa tempat wisata di dunia berikut ini bisa kamu jadikan sebagai destinasi pilihan, seperti dilansir dari cnnindonesia.com dan idntimes.com.

1. Badab Soort, India


Badab Soort adalah terasering unik yang terbentuk karena fenomena alam. Terasering tersebut dialiri air yang berbeda warna bergantung kandungan mineralnya. Lokasi situs Badab Soort ini sekitar sekitar 95 kilometer dari kota Sari dan sedikit butuh usaha ekstra untuk bisa ke sana.

2. The Big Pineaple

The Big PineappleĀ merupakan ikon agrowisata yang terletak di atas lahan seluas 165 hektare di Sunshine Coast, Queensland. Tak sekadar wujudnya yang besar dan unik, The Big Pineapple menawarkan berbagai atraksi, petualangan, kebun binatang, trem dan kereta api, sampai wisata glamping

3. Red Beach, China

Red Beach bukan seperti pantai pada umumnya. Melainkan laut dangkal dipenuhi tanaman Suaeda Salsa yang bertransformasi menjadi merah menyala pada akhir musim panas. Puncaknya pada September dan Oktober, dataran pasir pantai akan berubah bak karpet merah yang terbentang luas. Red Beach ini juga dijuluki sebagai garis pantai paling romantis di China oleh media lokal.

Baca Juga: 10 Negara Terindah di Dunia 2022, Nomor 1 Bikin Bangga

Masih berada di China, Berada di Guilin, China, Reed Flute Cave tidak seperti gua pada umumnya. Gua Reed Flute ini memiliki berbagai macam stalagmit, stalaktit, dan pilar-pilar batu yang sangat indah. Mahakarya alam tersebut dilaporkan terbentuk sejak ratusan juta tahun yang lalu. Di sini, pengunjung akan dimanjakan juga dengan keindahan gua bercorak aneka warna mencolok.

4. Crocosaurus Cove, Australia

Jika Anda mencari tempat wisata yang bisa sekaligus menguji adrenalin, silakan berenang bersama kawanan buaya di Crocosaurus Cove, Darwin, Australia. Jangan khawatir, karena kamu tidak dilepas begitu saja dan tetap ada prosedur yang berlaku. Crocosaurus Cove juga diketahui sebagai rumah reptil Australia terbesar di dunia yang memberikan pengalaman menyelam di kolam penangkaran buaya,1 Cage of Death.

5. Giant's Causeway, United Kingdom

Situs Warisan Dunia UNESCO dari Irlandia Utara ini pertama kali menjadi populer di kalangan wisatawan sejak abad ke-19. Di Giant's Causeway ini, Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan bebatuan berbentuk heksagonal unik dan bertumpuk. Batuan tersebut diketahui merupakan hasil dari letusan celah vulkanik kuno County AntrimĀ di Irlandia Utara.

6. Salar de Uyuni, Amerika Selatan

Tempat ini akan membuatmu seolah-olah merasakan langit dan dataran menyatu. Salar de Uyuni merupakan sebuah dataran garam terbesar di dunia seluas 10 ribu kilometer.

Salar de Uyuni terletak di antara Potosi dan Oruro, dekat puncak Pegunungan Andes, Bolivia. Permukaannya tertutup lapisan garam, menjadikan dataran ini tetap kering sepanjang tahun.

7. Painted Dunns, Amerika Serikat

Painted Dunes adalah hamparan batu apung warna-warni yang terbentuk dari oksidasi abu vulkanik yang jatuh dari letusan gunung berapi. Painted Dunes berlokasi di dalam Lassen National Park di California Utara. Ada jalur khusus yang telah disediakan untuk melihat pemandangan bak lukisan dari aktivitas gunung berapi.

Satu lagi wisata unik yang berada di Amerika Serikat yaitu Grand Prismatic Spring berada di Taman Nasional Yellowstone. Tempat ini merupakan mata air panas terbesar di Amerika Serikat dan terbesar ketiga di dunia.

Jika diperhatikan secara seksama, airnya berwarna seperti pelangi yakni merah, oranye, kuning, hijau, dan biru. Tidak semua bisa digunakan untuk berendam. Sebab, beberapa kolam air yang sangat panas, hingga mampu meleburkan apa pun.

8. Goa Glowworm, Selandia Baru

Goa tidak selalu gelap dan menyeramkan. Goa Glowworm di Waitomo sangat indah dengan beragam stalaktit dan bercahaya bagaikan gemerlap bintang di langit.

Baca Juga: 25 Kota Terbaik di Dunia 2022, Nomor 3 Mengagumkan

Gemerlap bintang tersebut berasal dari cacing dengan nama latin arachnocampa luminosa. Dalam kegelapan, hewan ini akan mengeluarkan cahaya berwarna hijau dan biru.

9. Dallol Volkano, Ethiopia

Tempat ini bisa dikatakan sebagai salah satu tempat paling panas di dunia dengan suhu 41,1 derajat celcius. Dallol merupakan sebuah tempat paling terpencil di bumi yang berada di utara Ethiopia.

Dallol merupakan gunung berapi terendah di dunia. Walaupun begitu, Dallol terkenal dengan warna-warna cerah yang muncul di sekitar tempat tersebut yang berasal dari belerang, besi, garam dan zat mineral lainnya.

10. Gunung Ijen, Indonesia

Gunung Ijen memang sangat memesona dengan segala keunikan kawah dan api birunya. Lokasinya di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Kamu bisa melihat fenomena api biru setiap hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00 dini hari. Selain itu, Danau Kawah Ijen dikenal sebagai danau air asam terbesar di dunia, dengan luas kawah mencapai 5.466 hektare.

Itulah sepuluh objek wisata paling unik dan antimainstream di dunia. Kalau belum terwujud merasakan tempat wisata unik di luar negeri, setidaknya kamu bisa mencoba berwisata di Gunung Ijen, Jawa Timur. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga