10 Tips Mencuci dan Merawat Pakaian Putih Agar Awet

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 20 Februari 2023
0 dilihat
10 Tips Mencuci dan Merawat Pakaian Putih Agar Awet
Pakaian putih membutuhkan perawatan khusus, maka penting untuk mengetahui cara mencuci dan merawat pakaian putih yang benar. Foto: Repro google.com

" Baju putih menjadi salah satu jenis warna baju yang butuh perawatan khusus agar tetap awet, khususnya saat mencucinya. Maka penting untuk mengetahui cara mencuci dan mewarat pakaian berwarna putih ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Baju putih menjadi salah satu jenis warna baju yang butuh perawatan khusus agar tetap awet, khususnya saat mencucinya. Maka penting untuk mengetahui cara mencuci dan mewarat pakaian berwarna putih ini.

Pada umumnya, dikutip dari kompas.com, mencuci pakaian berwarna putih memang tidak mudah. Pasalnya, masalah pada baju putih sangatlah beragam, mulai dari noda membandel hingga warna putih yang bisa menguning.

Khususnya jika sudah lama dicuci, baju berwarna putih milikmu bisa saja kusam dan tak lagi putih cemerlang. Karena pakaian putih ini membutuhkan perawatan khusus, maka penting untuk mengetahui cara mencuci dan merawat pakaian putih yang benar.

Baca Juga: 11 Cara Alami Ini Bisa Atasi Badan Sakit Semua

Melansir liputan6.com dari The Spruce, berikut beberapa cara untuk mencuci dan merawat pakaian putih agar tetap awet:

1. Pilih deterjen yang tepat

Pilih detergen untuk pakaian putih yang mengandung pencerah optik. Pencerah ini bekerja dengan cara menipu mata. Mereka membelokkan gelombang sinar UV untuk memamerkan cahaya biru sekaligus meminimalkan cahaya kuning yang dilihat. Ini membuat kain tampak lebih putih. Selain itu, jangan gunakan deterjen secara berlebihan. Deterjen yang berlebih dapat tertinggal di serat dan menarik kotoran.

Tingkatkan kinerja deterjen cucian dengan menambahkan setengah cangkir boraks atau satu cangkir baking soda ke setiap cucian.

2. Pisahkan pakaian putih

Langkah penting yang paling utama dalam menjaga pakaian putih tetap putih adalah menyortirnya dengan hati-hati. Pisahkan pakaian putih dari pakaian berwarna lainnya. Pisahkan juga pakaian putih yang terkena noda atau yang berpotensi menodai pakaian putih lainnya.

Mencuci pakaian putih secara terpisah akan mencegah warna luntur dan berpindah dari pakaian berwarna yang membuat kain putih tampak kusam.

3. Segera bersihkan noda

Jika pakaian putih ternodai, langsung bersihkan. Jangan menunggu noda kering dan sulit dihilangkan. Ikuti panduan menghilangkan noda untuk jenis kain dan tipe noda yang berbeda.

Gunakan pemutih klorin dengan benar. Menambahkan pemutih bersamaan dengan deterjen akan melawan keefektifannya. Pemutih klorin dapat berfungsi untuk memutihkan, tetapi dapat merusak kain jika digunakan secara berlebihan. Pemutih berbasis oksigen biasanya lebih aman dan dapat diterapkan pada semua kain yang dapat dicuci kecuali wol dan sutra.

4. Hindari terlalu banyak cucian

Hindari mencuci pakaian terlau banyak, terutama ketika menggunakan mesin cuci. Mengisi mesin cuci hingga penuh dengan pakaian memang menggoda, tetapi ini tidak akan memberi hasil yang bersih pada cucian.

Saat mesin cuci kelebihan beban, tidak ada cukup ruang di antara pakaian untuk air membilas tanah dan kotoran menempel pada kain. Ini hanya akan membuat pakaian putih terlihat kusam.

Bersihkan mesin cuci secara menyeluruh setidaknya setiap tiga bulan untuk memastikan mesin cuci kotor tidak menyebabkan warna putih berubah.

5. Bilas dengan cuka

Lewati pelembut kain komersial yang dapat meninggalkan residu pada kain putih. Sebagai gantinya, tambahkan satu cangkir cuka putih suling ke siklus bilas untuk memastikan semua deterjen terkelupas dari kain.

Baca Juga: 8 Bahan Alami Pengencer Dahak yang Mudah Dijajal di Rumah

6. Cuci dengan air hangat

Gunakan air panas atau air paling hangat yang direkomendasikan untuk kain. Ini membantu menghilangkan minyak tubuh dan kotoran yang dapat menumpulkan bahan. Cuci dengan pengaturan normal atau berat, tergantung pada tingkat keparahan noda atau perubahan warna.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk mencuci dan merawat pakaian putih agar tetap awet. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga