14 Bakal Calon DPD RI Jawa Timur Termasuk Emilia Contessa Serahkan Berkas Perbaikan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 12 Maret 2023
0 dilihat
14 Bakal Calon DPD RI Jawa Timur Termasuk Emilia Contessa Serahkan Berkas Perbaikan
Proses pemberkasan perbaikan persyaratan bagi bakal calon DPD RI asal Jawa Timur di kantor KPU Jawa Timur. Foto: Ist.

" 14 bakal calon yang dukungannya masih dinyatakan BMS, semuanya telah menyerahkan dukungan perbaikan "

SURABAYA, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur resmi menutup perbaikan persyaratan bagi para calon DPD RI. Sebanyak 14 bakal calon DPD sebelumnya dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS) pada proses rekapitulasi hasil verifikasi faktual, sehingga mendapatkan kesempatan melakukan perbaikan.

"14 bakal calon yang dukungannya masih dinyatakan BMS, semuanya telah menyerahkan dukungan perbaikan," kata Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jawa Timur, Insan Qoriawan, Minggu (12/3/2023).

Selanjutnya terhadap dukungan yang diserahkan, kata Insan, KPU Jawa Timur akan melakukan verifikasi administrasi (vermin) mulai hari ini.

"Sesuai jadwal dan tahapannya, akan dilakukan vermin mulai tanggal 12 hingga 21 Maret 2023," terangnya.

Baca Juga: 6 Bakal Calon DPD RI Asal Jawa Timur Lolos Syarat Verifikasi Faktual Dukungan

Artinya, dukungan perbaikan kedua yang diserahkan kali ini harus melalui rangkaian proses dari awal untuk dinyatakan lengkap dan Memenuhi Syarat (MS). Untuk itu kemudian, bagi bacalon yang status dukungannya memenuhi syarat administrasi akan diverifikasi secara faktual menggunakan metode sampling.

Sedangkan Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam mengatakan, setelah memenuhi persyaratan perbaikan, berikutnya, setelah rangkaian proses verifikasi dilakukan, baru akan diketahui bakal calon siapa saja yang status dukungannya dinyatakan memenuhi syarat.

Baca Juga: Tiga Bakal Calon DPD Ini Lolos Pakai KTP Luar Sumatera Utara

"Sehingga dapat digunakan untuk mendaftar menjadi calon anggota DPD untuk Pemilu 2024," jelasnya.  

Adapun 14 bacalon yang menyerahkan dukungan perbaikan di antaranya Emilia Contessa menyerahkan dukungan perbaikan pada Jumat, 10 Maret 2023. Sedangkan 13 bacalon lainnya menyerahkan pada Sabtu, 11 Maret 2023. Di antaranya Aisyah Aleena, Adilla Azis, Ayub Khan, Bambang Harianto, Catur Rudi Utanto, Doddy Dwi Nugroho, Erlyta Dwi A Siregar, Khoirul Arif Rohman, Kunjung Wahyudi, Lia Istifhama, Mohammad Trijanto, Narto SK Dentopuro, dan Siti Rafika Hardhiansari. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga