3 Cara Menjaga Konsistensi Belajar yang Bisa Kamu Lakukan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 11 Januari 2022
0 dilihat
3 Cara Menjaga Konsistensi Belajar yang Bisa Kamu Lakukan
Untuk meraih nilai memuaskan lewat belajar, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Foto: Repro tirto.id

" Ada juga yang masih bingung cara belajar yang efektif seperti apa "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjadi pintar dan cerdas hingga meraih nilai memuaskan ketika ujian menjadi impian setiap orang yang sedang menempuh pendidikan.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut caranya adalah dengan belajar. Pada umumnya, belajar merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

Menurut Slameto (2010: 2) yang dikutip dari kemdikbud.go.id, belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Hanya saja untuk meraih nilai memuaskan lewat belajar, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak cobaan dan membutuhkan perjuangan serta keseriusan. Bahkan ada juga yang masih bingung cara belajar yang efektif seperti apa.

Mengutip yoursay.com, berikut beberapa tips untuk menjaga konsistensi belajar agar kegiatan belajar kamu tetap terjaga.

1. Perbanyak evaluasi

Evaluasi artinya penilaian atau peninjauan ulang. Kamu perlu mengevaluasi waktu yang dapat kamu gunakan dalam belajar selama satu hari. Kenali waktu-waktu terbaik kamu dalam menyerap materi, kenali juga waktu terberat untuk kamu memahami pelajaran.

Dengan demikian, kamu jadi tahu jam-jam produktif serta jam-jam perlu istirahat. Setelah melakukan evaluasi, kamu bisa memanfaatkan jam produktif untuk fokus pada materi sulit, dan jam istirahat untuk refreshing.

2. Gunakan konsep gamifikasi

Sama seperti ketika bermain game, buat skor tertentu untuk diri sendiri ketika berhasil menyelesaikan suatu misi. Misalnya, tentukan poin sekian untuk menyelesaikan soal yang sulit. Semakin sulit soal, semakin tinggi poin yang akan kita dapatkan.

Dengan demikian, kita akan merasa tertantang dan bersemangat untuk terus belajar dan mengerjakan soal.

Baca Juga: Catat, 5 Tips Sehat Main Instagram yang Wajib Kamu Tahu

Di akhir sesi belajar, beri reward pada diri sendiri sesuai dengan banyaknya poin yang berhasil dikumpulkan. Konsep ini sama seperti bermain game.

3. Jangan remehkan refreshing

Otak kita bukan mesin komputer yang dapat bekerja secara terus menerus tanpa merasa lelah. Komputer saja kadang bisa panas dan error jika digunakan terlalu lama, begitu pula otak kita. Penting untuk memberi jeda saat belajar.

Gunakan waktu refreshing sebaik mungkin untuk mengembalikan energi dan kesegaran otak.

Baca Juga: Mau Rambut Tebal? 5 Cara Ini Bisa Anda Coba

Jangan terlalu memaksakan otak bekerja keras tanpa memberi kesempatan untuk beristirahat. Produktivitas akan menurun ketika otak berada dalam kondisi lelah. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga