3 Wanita Hijab Tetap Cantik Walau Punya Profesi Sangar, Jangan Kaget

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 20 September 2022
0 dilihat
3 Wanita Hijab Tetap Cantik Walau Punya Profesi Sangar, Jangan Kaget
Ayeesha Farouq wanita pertama yang menjadi pilot pesawat tempur dan maju ke medan perang untuk membela negara Pakistan. Foto: Repro Anehdidunia

" Beberapa wanita berhijab tetap menjalani profesinya yang dianggap sangar tanpa menanggalkan hijabnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Memakai hijab adalah salah satu jalan hidup yang dipilih oleh para wanita Muslim. Selain alasan menaati perintah agama, hijab menurut mereka juga termasuk alat perlindungan diri agar merasa aman ketika berada di luar rumah.

Para wanita berhijab yang dulu sering dipandang sebelah mata kini menjelma menjadi wanita yang patut dihargai dan dihormati. Salah satunya karena mereka tetap menjalani profesi yang dianggap sangar untuk seorang wanita tanpa menanggalkan hijabnya.

Berikut Telisik.id merangkum 3 wanita hijab yang tetap terlihat cantik meski punya profesi sangar penuh tantangan, dilansir dari berbagai sumber.

1. Ayeesha Farouq

Ayeesha Farouq wanita pertama yang menjadi pilot pesawat tempur dan maju ke medan perang untuk membela negara Pakistan. Foto: Repro Anehdidunia

 

Melansir Anehdidunia.com, Ayeesha Farouq wanita pertama yang menjadi pilot pesawat tempur dan maju ke medan perang untuk membela negara Pakistan. Di antara lima rekan sesama perempuan yang bekerja di Angkatan Udara Pakistan, hanya dialah yang lolos uji untuk turut ke lapangan bersama rekan-rekan prianya.

Baca Juga: Malam Pertama Pengantin di Negara Ini Wajibkan Pria Tiduri Tante Istrinya

Sebagai wanita muslimah dan memakai hijab, tak menyurutkan tekadnya untuk mengabdi kepada negara. Dan hal tersebut terbukti benar lewat kerja kerasnya mengikuti ujian agar bisa menjadi prajurit perang dengan menjadi pilot pesawat tempur.

Keinginannya yang tentu saja memiliki risiko besar sudah pasti sempat ditentang oleh keluarga terutama sang ibu yang tak menyetujui. Namun hingga akhirnya saat ini Ayeesha Farouq berhasil membuktikan kepada dunia lewat hijab hijaunya dia mampu menumpas teroris di wilayah Pakistan.

2. Tahani Amer

Tahani Amer, doktor bidang teknik dari Old Dominion University di Norfolk, Virginia, sehari-hari, bekerja di cabang Computational Fluid Dynamics (CFD) atau Komputasi Dinamika Fluida NASA. Foto: NASA

 

Tahani Amer, doktor bidang teknik dari Old Dominion University di Norfolk, Virginia. Sehari-hari, ia bekerja di cabang Computational Fluid Dynamics (CFD) atau Komputasi Dinamika Fluida NASA. Di situ dia berjibaku dengan kode komputer CFD sampai memanjat langit-langit  terowongan angin untuk memasang alat  pengukur kecepatan.

"Aku seorang Muslim Amerika, pegawai NASA, yang tumbuh di pinggiran kota Kairo, Mesir," kata Amer, seperti dilansir dari Viva.co.id.

Baca Juga: Sederet Negara Tertua di Dunia, Nomor 7 Pernah Jajah Indonesia

Minat Amer pada teknik timbul saat ia melihat ayahnya memperbaiki mesin mobil di apartemennya yang kecil di Mesir. Sementara kecintaannya pada matematika memuluskan jalannya menjadi insinyur aeronautika yang bekerja di salah satu lembaga paling terkemuka dunia.  

"Bagi saya, pendidikan adalah kunci yang membuka banyak peluang," kata dia.

3. Kulsoom Abdullah

Kulsoom Abdullah, atlet angkat besi wanita pertama yang memakai hijab di dunia. Foto: Repro Anehdidunia

 

Wanita cantik yang merupakan warga negara Pakistan-Amerika ini sempat membuat heboh dunia olahraga khususnya cabang olahraga angkat besi.

Kulsoom Abdullah merupakan atlet besi wanita pertama yang memakai hijab di dunia. Menjadi satu-satunya wanita Pakistan yang menggeluti profesi aneh ini, tak lantas membuat Kulsoom Abdullah melepas hijabnya.

Wanita kelahiran tahun 1976 ini pertama kali dikenal setelah mewakili Pakistan di kejuaraan WeightliftingChampionship 2011 dan kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia yang lain setelahnya.  

Konsistensinya dalam mempertahankan hijab yang ia kenakan dan prestasi yang ditunjukkan oleh wanita yang lahir di kota Kansas ini juga menorehkan sejarah karena membuat Federasi Angkat Besi Internasional atau International Weightlifting Federation (IWF) mengubah peraturannya dan memperbolehkan atlet angkat besi wanita berhijab. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga