4 Jenis Minuman Ini Bisa Usir Rasa Kantuk saat Bekerja

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 02 Maret 2023
0 dilihat
4 Jenis Minuman Ini Bisa Usir Rasa Kantuk saat Bekerja
Terdapat beberapa jenis minuman pengganti kopi yang berguna untuk mengusir rasa kantuk. Foto: Repro google.com

" Kopi seringkali dijadikan sebagai minuman untuk mengusir mengantuk. Namun ternyata ada juga beberapa jenis minuman yang bisa bantu untuk menahan ngantuk ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Kopi seringkali dijadikan sebagai minuman untuk mengusir mengantuk. Namun ternyata ada juga beberapa jenis minuman yang bisa bantu untuk menahan ngantuk ini.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, kantuk atau 'ngantuk' merupakan kondisi ketika seseorang merasa ingin tidur. Kondisi ini biasa terjadi pada malam hari atau kadang di siang hari.

Kantuk merupakan hal yang wajar, tetapi perlu diatasi jika terjadi secara berlebihan, mengganggu aktivitas, atau menurunkan produktivitas.

Baca Juga: 4 Step Skincare Wajib Demi Kulit Tetap Sehat

Melansir yoursay.id dari artikel Harvard Health Publishing, berikut adalah beberapa jenis minuman pengganti kopi yang berguna untuk mengusir rasa kantuk:

1. Teh Yaupon

Teh yaupon juga termasuk ke dalam jenis teh herbal, sama dengan yerba mate. Banyak orang berpendapat bahwa rasa dari teh yaupon mirip dengan teh hijau.

Sementara itu, kandungan antioksidan dalam teh ini bisa meredakan inflamasi sekaligus meningkatkan energi dalam tubuh.

Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan bernama theobromine yang berguna untuk meningkatkan aliran darah.

Oleh karena itu, teh ini sangat cocok untuk diminum ketika tubuh membutuhkan asupan energi agar lebih fokus dan tidak mengantuk selama beraktivitas.

2. Kopi Chicory

Chicory merupakan akar dari tanaman bernama latin Chicorium Intybus yang diolah dengan cara dikeringkan, dipanggang, dan melewati prosedur lainnya sehingga bisa dikonsumsi menjadi olahan produk minuman.

Chicory memiliki kandungan prebiotik yang dikenal dengan nama inulin, kandungan tersebut terkaramelisasi ketika akar chicory dipanggang. Proses pemanggangan ini juga membuat chicory menjadi berwarna coklat gelap seperti biji kopi.

Minuman yang terbuat dari chicory tidak mengandung kafein namun rasa yang dihasilkan dari proses pengolahan membuat rasa minuman tersebut mirip dengan kopi pada umumnya.

3. Yerba Mate

Yerba mate atau lebih dikenal dengan nama mate, merupakan jenis teh herbal yang berasal dari tanaman teh asal Amerika Selatan. Teh ini diketahui memiliki rasa yang lebih pahit dibanding jenis teh lain pada umumnya.

Yerba mate dikenal sebagai salah satu produk yang bisa membantu menurunkan berat badan, darah tinggi, dan kolesterol. Namun perlu diingat bahwa teh ini harus dikonsumsi dalam jumlah wajar agar tidak menimbulkan efek samping yang berarti bagi tubuh.

Baca Juga: 7 Jenis Sayuran Ini Bisa Bikin Kamu Awet Muda

4. Matcha

Matcha adalah olahan teh hijau yang dijadikan bubuk sehingga bisa diseduh dengan air panas dan diberi campuran susu.

Matcha mengandung sekitar 40-75 mg kafein per cangkir dan memiliki kandungan antioksidan berupa polifenol, khususnya theanine dan catechins.

Nah, itulah beberapa jenis minuman yang bisa membantu untuk pengusir kantuk yang dianggap lebih sehat di banding kopi. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga