4 Cara Jitu Merangsang Ketajaman Otak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 15 Desember 2022
0 dilihat
4 Cara Jitu Merangsang Ketajaman Otak
Untuk menjaga dan mengasah ketajaman otak, memang memerlukan usaha tersendiri. Foto: Repro kutiper.com

" Otak tidak selamanya selama kondisi sehat dan tajam. Seringkali seseorang mengalami penurunan daya otak, khususnya saat memasuki usia senja "

KENDARI, TELISIK.ID - Otak tidak selamanya selama kondisi sehat dan tajam. Seringkali seseorang mengalami penurunan daya otak, khususnya saat memasuki usia senja.

Ilmuwan saraf Tara Swart menyoroti pentingnya senam otak demi kebugaran mental. Dia menjelaskan, latihan otak membuat otak fleksibel, yang disebut neuroplastisitas. Dimana hal demikian bisa didapat dengan cara mempelajari sesuatu yang baru.

"Kita bisa mendapatkan manfaat langsung dari pembelajaran baru itu, sekaligus manfaat global di otak dalam fungsi eksekutif seperti pengaturan emosi, pemecahan masalah yang kompleks, pemikiran kreatif, dan lainnya," ujar Swart, dikutip dari republika.co.id.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Pegal Kaki di Rumah

Untuk menjaga dan mengasah ketajaman otak, memang memerlukan usaha tersendiri.

Melansir yoursay.id dari Healthline, berikut beberapa cara cara merangsang ketajaman otak yang bisa Telisikers lakukan:

1. Membaca dan menulis

Luangkan waktu dalam sehari untuk membaca atau menulis, namun akan lebih baik lagi jika dilakukan keduanya.

Dengan membaca dan menulis, otak Anda akan dipaksa terus bekerja dan berpikir sehingga menjadi terasah dan terhindar dari panyakit yang berkaitan dengan ingatan seperti demensia.

2. Lakukan hobi yang bisa merangsang fokus

Temukan hobi baru yang bisa merangsang fokus Anda. Berlatih bahasa baru atau bermain alat musik bisa menjadi cara alternatif meningkatkan fokus Anda dalam merangsang ketajaman otak. 

Belajar bahasa baru mengharuskan Anda menghapal banyak kosakata baru, sedangkan bermain musik Anda harus fokus terhadap not dan nada.

3. Ikuti kursus

Asah keterampilan Anda dengan mengikuti kursus yang bisa menambah ilmu dan pengalaman baru, kursus bahasa asing, kursus menjahit, atau kursus apapun yang bisa memacu Anda agar terus bisa belajar.

Selain mendapatkan ilmu, Anda juga bisa memperluas pergaulan Anda yang baik untuk kehidupan sosial.

Baca Juga: Tips Diet Sehat dan Mudah Ala Tya Arestya

4. Bermain games

Games juga bisa menjadi alternatif untuk mengasah ketajaman otak Anda. Permainan teka teki silang, permainan sudoku, permainan catur, adalah beberapa contoh permainan yang bisa mengasah ketajaman otak Anda untuk terus berpikir.

Selain merangsang ketajaman otak melalui aktivitas di atas, Anda juga perlu mengonsumsi beberapa makanan yang bisa membantu menutrisi tubuh termasuk otak Anda.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merangsang ketajaman otak. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga