7 Cara Menikmati Pekerjaan Agar Tidak Stres

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 25 Oktober 2020
0 dilihat
7 Cara Menikmati Pekerjaan Agar Tidak Stres
Seorang karyawan yang sedang menikmati pekerjaannya. Foto: Repro google.com.

" Sebagian orang seringkali menganggap seolah pekerjaan bukanlah bagian dari kehidupan kita sendiri. Padahal, menikmati hidup dan menikmati pekerjaan adalah dua hal yang berbeda. "

KENDARI, TELISIK.ID – Pekerjaan adalah bagian dari aktivitas kehidupan manusia, yang juga harus diperhatikan dan diatur agar bisa berjalan secara maksimal.

Sebagian orang seringkali menganggap seolah pekerjaan bukanlah bagian dari kehidupan kita sendiri. Padahal, menikmati hidup dan menikmati pekerjaan adalah dua hal yang berbeda.

Terkadang seseorang bekerja layaknya seperti robot, ia bekerja hanya menyelesaikan tugas lalu pulang. Dan sepulang kerja pun, ia terkadang juga kesulitan menikmati hidup karena stress memikirkan pekerjaan esok hari.

Masalah ini tentunya sudah menjadi keluhan paling umum di era modern saat ini. meski demikian, semua orang pasti ingin pekerjaannya bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, bukan malah menjadi keluhan setiap hari.

Maka untuk menghindari masalah yang sudah umum ini, berikut 7 tips menikmati pekerjaan agar tidak stress seperti yang dilansir golife.id.

1. Berkonsentrasi Pada Tugas yang Ada di Depan Mata

Seseorang merasa stres dengan pekerjaannya karena ia tidak mengontrol dirinya untuk berkonsentrasi pada tugas yang ada, sehingga pikiran mengawang tak tentu arah dan membuatnya semakin jauh dari kenyataan.

Pikiran dan perasaan tentunya bisa dikontrol karena itu milik kita pribadi. Tapi sayangnya pikiran dan perasaan juga liar, jika dibiarkan maka ia akan membawa kita terbang tak tentu arah.

Jangan biarkan energi habis hanya untuk memikirkan hal-hal yang tidak mengubah hidupmu. Jangan biarkan pikiran yang bercabang menunda pekerjaanmu.

Cara terbaik untuk berkonsentrasi adalah dengan teknik mindfulness atau sadar sepenuhnya dengan apa yang sedang dihadapi.

Lihat apa yang ada di hadapan kamu dengan mata yang benar-benar terbuka. Singkirkan semuanya yang mungkin bisa mengganggu konsentrasi kamu dalam bekerja lalu nikmatilah.

Baca juga: 7 Tips dan Posisi Terbaik Usai Berhubungan Intim agar Cepat Hamil

2. Berdamai Dengan Diri Sendiri

Kehidupan terasa begitu berat sebab kita masih berperang di dalam batin dengan diri sendiri. Begitu pun pekerjaan, kita merasa terbebani oleh semua tugas karena kurang bersyukur dengan apa yang dimiliki.

Berdamai dengan diri sendiri dapat membantu menikmati pekerjaan bahkan yang tidak kita sukai.

Semua hal saling terhubung, bahkan hanya karena kurang bersyukur pun dampaknya sangat besar dalam pekerjaan dan kehidupan. Dan kurangnya kesabaran pun membuat kita hanya berfokus pada hasil tanpa menginginkan proses.

Bersyukur adalah seni paling indah dalam menikmati segala kesulitan dan bersabar adalah cara terbaik untuk berdamai dengan diri sendiri.

Lapangkan dada dan pikiran untuk menerima kenyataan. Sebab tak ada ketenangan tanpa penerimaan. Terima dan sayangilah pekerjaan yang kamu miliki.

Jika mencintai pekerjaan tersebut adalah suatu hal yang mustahil bagimu, maka cobalah keluar dari sana. Mungkin setelahnya kamu akan tersenyum lebih lepas ketika membuat surat lamaran pekerjaan yang baru.

3. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Kita merasa tidak bahagia dalam kehidupan pekerjaan karena tujuan terlalu jauh untuk dicapai. Memikirkan untuk sampai berada di posisi yang diinginkan saja membuat kita pusing sebab mengetahui segala prosesnya.

Maka untuk membuat pekerjaan lebih mudah dinikmati, salah satunya dengan mengubah tujuan.

Berkomitmenlah untuk suatu hal yang benar-benar masuk akal dan memiliki kemungkinan besar bisa didapatkan. Silahkan berkhayal yang tinggi untuk kedepannya, tapi jadikanlah tujuan yang satu ini sebagai prioritas.

Semisal, coba pikirkan, tanyakan pada diri sendiri apa target yang harus kamu capai tahun ini?

Semua orang tentu memiliki resolusi setiap tahunnya, tapi terkadang resolusi yang kita buat hanya menjadi sampah dan tak satu pun yang menjadi nyata. Hal itu disebabkan kita terlalu tinggi dalam berkhayal tanpa menyesuaikannya dengan kenyataan.

Baca juga: 3 Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

4. Bermeditasi Menenangkan Pikiran Sebelum Berangkat Kerja

Salah satu penyebab seseorang mudah merasa stress di tempat kerja adalah pikiran yang bercabang. Hal ini seringkali terjadi karena pikiran dan tubuh kita tidak stabil.

Ketidakseimbangan antara pikiran dan perasaan seseorang dapat membuat kita kesulitan melakukan pekerjaan hingga akhirnya menjadi stress.

Maka sangat penting untuk melakukan ritual keagamaan, meditasi, yoga atau pun berdoa untuk menjernihkan pikiran sebelum berangkat kerja.

Menyadari kita tidak sendirian melakukan semuanya dan meyakini akan adanya kekuatan yang lebih besar yang menemani dapat membuat hati kita merasa lebih tenang.

Sehingga pekerjaan yang berat pun tidak lagi terasa seperti beban, melainkan sesuatu yang bisa kita nikmati.

5. Jangan Takut Menghadapi Konflik Dalam Pekerjaan

Jika kita adalah seseorang yang sudah profesional dalam suatu bidang, maka tak perlu takut lagi menghadapi konflik apapun dalam pekerjaan.

Namun jika kita masih berstatus karyawan baru atau belum cukup profesional, maka wajar saja banyak ketakutan yang dialami.

Ketakutan-ketakutan tersebut tentunya membuat kita menjadi stress dalam pekerjaan, namun bukankah untuk naik kelas kita harus menyelesaikan ujian?

Berapa banyak orang yang takut akan konflik, sehingga kita hanya berkata “Iya, iya dan iya” untuk menghindarinya. Padahal, konflik bisa membawa kebaikan jika ditangani dengan pikiran yang terbuka, komunikasi yang jelas dan rasa hormat.

Jangan takut berkata “TIDAK!”

Beranikan dirimu menjadi seorang profesional, jangan takut melangkah ke depan sebab jika kamu terus menahan semuanya di dalam kepala hanya stress dan tekanan batin lah yang kamu dapatkan.

Baca juga: 8 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Ingin Menjatuhkan Anda

6. Bersahabat

Apakah kamu memiliki pertemanan yang baik di tempat kerja?

Mungkin sebagian dari kita adalah tipe orang yang sulit beradaptasi dengan orang-orang baru, namun sayangnya hal itu justru menghalangi kebahagiaan yang lebih besar untuk didapatkan.

Karyawan yang memiliki teman baik dalam pekerjaan akan lebih termotivasi dan bahagia. Tentu saja karena dengan memiliki teman, kita jadi lebih mudah menyelesaikan pekerjaan dan memiliki tempat bertukar pikiran.

Memang tak semua orang mudah untuk bersahabat dan jika kamu adalah tipe orang dengan kepribadian yang sulit beradaptasi, maka pelan-pelan cobalah mengubah itu.

Dan jika mengubah kepribadian tersebut adalah hal yang mustahil bagimu, maka carilah pekerjaan yang tidak perlu beradaptasi dengan orang-orang baru atau bersiaplah menghadapi stress sepanjang waktu dalam pekerjaanmu.

7. Hindari Negativitas di Tempat Kerja

Jika kesulitan beradaptasi ditempat kerja dapat membuat stress, mudah beradaptasi di tempat kerja pun bisa membuat kita stres juga.

Tidak peduli seberapa besar kamu menikmati pekerjaan, bekerja sama dengan orang-orang yang toxic akan menghalangi kamu dari kebahagiaan.

Tidak peduli seberapa positif yang kamu pikirkan, orang-orang yang toxic tepat bisa merusak hingga menembus jiwamu yang paling dalam.

Hindari teman-teman yang suka berperilaku negatif seperti gosip, mengeluh, dan lainnya. Jika kamu tidak bisa menghindarinya, maka coba pelan-pelan alihkan percakapan ke arah yang lebih baik.

Sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali tentang pekerjaan dan kehidupan yang sudah kamu jalani. Pikirkan bagaimana yang terbaik untuk ke depannya setelah memahami poin-poin di atas.

Jika kamu bekerja untuk mengejar kebahagiaan, maka terimalah pekerjaan yang tidak kamu sukai namun berpenghasilan tinggi. Jika kamu bekerja untuk menikmati hidup, maka kebahagiaan akan datang sendiri. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga