4 Ramuan Alami Pereda Batuk

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 27 Juni 2023
0 dilihat
4 Ramuan Alami Pereda Batuk

" Batuk mudah menyerang siapa pun saaat kondisi tubuh sedang melemah "

KENDARI, TELISIK.ID - Batuk mudah menyerang siapa pun saaat kondisi tubuh sedang melemah. Batuk juga bisa disertai dengan gejala lain yang tak kalah mengganggu seperti sakit tenggorokan dan hidung berair.

Anda bisa mencoba bahan alami untuk meringankan gejala batuk akibat infeksi pernapasan ringan, seperti pilek dan flu.  Bahkan, bahan tradisional ini bukan hanya berguna berbagai jenis batuk, melainkan juga mengatasi gejala pernapasan lain yang mungkin menyertai, seperti hidung tersumbat.

Berikut ramuan pereda batuk dikutip dari Kompas.com dan Hellosehat.com:

1. Jahe

Meminum campuran jahe yang telah dilarutkan ke dalam air hangat atau teh dapat membantu meredakan gejala batuk.  Saat batuk, tenggorokan yang terinfeksi dapat terjadi peradangan dan iritasi. 

Baca Juga: 5 Makanan Ini Perlu Kamu Hindari saat Batuk

Untuk meredakannya, Anda memerlukan bahan alami yang memiliki kandungan antiinflamasi, antibakteri dan anti virus.  Untungnya, ketiga agen penyembuh batuk tersebut terkandung dalam jahe.

2. Madu

Dalam sebuah tinjauan studi pada 2021, para peneliti melihat pengaruh penggunaan madu dalam mengatasi batuk pada infeksi saluran pernapasan bagian atas. Hasil studi menunjukkan madu lebih efektif di bandingkan perawatan biasa dalam menekan batuk dan membantu mencegah penggunaan antibiotik.

3. Daun mint

Daun mint sudah diketahui sejak dulu kala sebagai agen untuk memberikan sensasi segar pada tubuh. Berkat sensasi dinginnya, mint kemudian banyak digunakan pada beberapa produk seperti pasta gigi, teh, atau permen.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris oleh Morice at all, mint ditemukan sebagai agen antitusif yang sangat efektif untuk meredakan gejala batuk. 

Baca Juga: 2 Posisi Tidur Terbaik Saat Batuk

Daun mint mengandung mentol yang memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi. Anda dapat mencoba meramu obat tradisional dengan membuat teh daun mint. 

4. Air hangat

Studi lama dari tahun 2008 menunjukkan, minum cairan bersuhu hangat dapat membantu meredakan batuk, pilek, dan bersin. Namun, bagi mereka yang mengalami gejala tambahan seperti pilek atau flu, minuman panas bisa memberikan manfaat lebih.

Studi yang sama melaporkan, minuman panas dapat meredakan gejala sakit tenggorokan, demam, dan kelelahan. Efek ini terjadi secara instan dan masih berlangsung untuk beberapa waktu setelah minum minuman panas. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga