4 Utusan Khusus Presiden Seychelles Survei Potensi Perikanan di Wakatobi

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Senin, 11 April 2022
0 dilihat
4 Utusan Khusus Presiden Seychelles Survei Potensi Perikanan di Wakatobi
4 utusan khusus Presiden Seychelles sedang melakukan survei potensi perikanan di Wakatobi Foto: Ist.

" Kedatangan 4 utusan khusus Presiden Seychelles, guna menjajaki kerja sama Letter of Intent dengan Kabupaten Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Republik Seychelles menunjukkan geliat positif untuk membangun investasi di Wakatobi. Hal ini dibuktikan dengan dengan kedatangan 4 utusan khusus Presiden Seychelles, guna menjajaki kerja sama Letter of Intent dengan Kabupaten Wakatobi.

Bupati Wakatobi H. Haliana, saat menyambut kedatangan rombongan tersebut mengatakan, ada berbagai kerja sama yang ditawarkan oleh utusan khusus Presiden Seychelles, di antaranya pengembangan pembangunan program perikanan di Wakatobi.

Minggu kemarin, rombongan telah tiba yaitu delegasi Seychelles yang terdiri dari 4 orang. Mereka adalah potential investor dari Amerika Serikat dan pengusaha perikanan nasional didampingi staf Dubes Seychelles.

"Kedatangan mereka ke Wakatobi bermaksud untuk melakukan penjajakan potensi perikanan yang dimiliki Wakatobi untuk dikembangkan menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi, kompetitif dan menembus pasar global," ungkap Haliana, Senin (11/4/2022).

Baca Juga: Sempat Diancam, Wakil Ketua DPRD Butur Akhirnya Berdamai dengan Mantan Ketua

Diterangkan, berdasarkan hasil kunjungan di lapangan, terlihat beberapa komoditas perikanan Wakatobi. Juga beberapa program prioritas pemerintah daerah di sektor perikanan yang sangat berpeluang untuk dilakukan kerja sama dalam pengembangannya. Mulai dari tingkat produksi, processing, pengangkutan, pemasaran dan penjualan.

"Semoga Wakatobi ke depan mampu mengekspor langsung produk perikanannya ke pasar global sehingga nilai tambahnya dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat lokal dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah Wakatobi termasuk dampak eksternalitasnya kepada pengembangan berbagai sektor terkait," tutupnya.

Baca Juga: Dicecar Soal PCR, Kadinkes Muna Tegaskan Sudah Difungsikan dan Tak Ada Kerugian Negara

Sebelumnya pada tanggal 24 Februari, Bupati Wakatobi Haliana telah menandatangani kerja sama Letter of Intent bersama Dubes Republik Seychelles untuk ASEAN dan Indonesia, Mr. Nico Barito. MoU tersebut berkaitan dengan pembangunan kemaritiman berbasis ekonomi biru di Kabupaten Wakatobi. (C)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga