4000 Masyarakat Kepulauan di Jawa Timur Ikut Mudik Gratis Lewat Kapal Laut

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 12 April 2023
0 dilihat
4000 Masyarakat Kepulauan di Jawa Timur Ikut Mudik Gratis Lewat Kapal Laut
Kadishub Jawa Timur Nyono membeberkan 4000 penumpang kepulauan dijadwalkan ikut mudik gratis jalur laut. Foto: Ist.

" Sebanyak 4000 penumpang dipastikan akan menggunakan angkutan laut dalam mudik gratis yang disediakan oleh Pemprov Jawa Timur "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sebanyak 4000 penumpang dipastikan akan menggunakan angkutan laut dalam mudik gratis yang disediakan oleh Pemprov Jawa Timur. Kadishub Jawa Timur Nyono mengatakan, dalam mudik gratis angkutan laut hanya dilakukan di Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas Madura.

"Mudik gratis di sana volumenya dilakukan 4 kali pp (pulang pergi) atau  8 rate untuk mudik dan 8 rate untuk masa balik," ungkapnya, Rabu (12/4/2023).

Nyono mengatakan, untuk mudik gratis lewat laut akan digelar tanggal 13 April, 15 April, 17 April dan 19 April yang semuanya pada pukul 22.00 WIB.

"Sedangkan untuk arus baliknya dilakukan 29 April, 1 Mei, 3 Mei  dan tanggal 5 Mei yang kesemuanya berangkat pada pukul 22.00 WIB lewat Pelabuhan Jangkar Situbondo," jelasnya.

Sedangkan untuk arus baliknya, lanjut Nyono, mengikuti jadwal penyesuaian di masing-masing pelabuhan baik di Pelabuhan Jangkar maupun pelabuhan di Raas Madura.

Baca Juga: Bus dan Kapal Laut Disiapkan Mudik Gratis di Jawa Timur

Sedangkan kapasitas penumpang untuk kapal laut, sambung Nyono, mencapai 4000 penumpang dengan jumlah sepeda motor 2400 unit yang akan diangkut dalam kapal penyeberangan tersebut.

"Untuk kapal yang disediakan adalah murni kapal penerbangan dengan KM Citra Darma," jelasnya.  

Informasi penting bagi warga Jatim yang hendak mudik pada Lebaran tahun ini, Pemprov Jawa Timur meluncurkan program mudik bareng gratis ke 20 kabupaten/kota tujuan.

Sekdaprov Jawa Timur Adhy Karyono beberapa waktu lalu mengatakan, ada sejumlah pertimbangan yang membuat pemprov kembali meluncurkan program mudik gratis. Pertama, antusiasme masyarakat Jatim untuk mudik terlihat cukup tinggi.

Karena itu, untuk menghindari potensi kemacetan di jalur-jalur mudik, pemerintah berupaya memfasilitasi mereka.

Baca Juga: Pertama Kali Digelar, Gubernur Khofifah Lepas Mudik Gratis Jakarta-Jatim

”Selain untuk menghindari kemacetan, mudik gratis ini untuk mendorong keamanan selama masa arus mudik dan balik Lebaran,” ujar mantan pejabat Kementerian Sosial (Kemensos) itu.

Selain jalur darat, pemprov berencana membantu masyarakat yang ingin mudik via kapal laut.

”Ada ratusan tiket gratis ke Pulau Raas dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo,” ujarnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga