5 Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 18 Desember 2022
0 dilihat
5 Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Selangkangan menjadi salah satu lokasi yang mudah dihinggapi oleh jamur. Foto: Repro doktersehat.com

" Salah satu masalah kulit yang seringkali dialami seseorang adalah infeksi jamur yang menyebabkan gatal di selangkangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kulit yang seringkali dialami seseorang adalah infeksi jamur yang menyebabkan gatal di selangkangan.

gatal di selangkangan karena infeksi jamur ini lebih sering dialami pria ketimbang wanita. Tapi, tidak menutup kemungkinan wanita juga bisa terkena penyakit ini.

Dikutip dari halodoc.com, salah satu penyebab selangkangan gatal yang paling umum adalah infeksi jamur yang mirip dengan kurap atau disebut juga jock itch.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Merangsang Ketajaman Otak

Selangkangan adalah salah satu lokasi yang mudah dihinggapi oleh jamur. Jamur bisa cepat berkembang biak, karena selangkangan mudah lembab dan hangat.

Melansir kompas.com, berikut beberapa cara mengatasi gatal di selangkangan yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Jaga kebersihan bagian selangkangan yang terkena infeksi jamur. Bersihkan dengan sabun dan air hangat, minimal dua sampai tiga kali sehari.

2. Setelah dibersihkan, pastikan Anda mengeringkan area selangkangan secara menyeluruh.

3. Oleskan obat anti-jamur untuk meredakan gatal selangkangan. Obat ini banyak dijual secara bebas di apotek.

4. Setelah bagian selangkangan bersih dan kering serta diobati, gunakan celana dalam yang bersih. Upayakan untuk mengganti celana dalam minimal dua sampai tiga kali sehari.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Pegal Kaki di Rumah

5. Untuk aktivitas sehari-hari dan selama masih dalam proses penyembuhan, gunakan celana yang longgar (tidak ketat) dan berbahan katun.

Jika beragam cara mengatasi gatal di selangkangan di atas sudah dicoba tapi masalah kesehatan ini justru semakin parah atau tak kunjung sembuh, saatnya Anda berkonsultasi ke dokter.

Kondisi di atas bisa jadi tanda adanya infeksi sekunder karena infeksi jamur penyebab gatal di selangkangan terlambat ditangani.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi infeksi jamur penyebab gatal di selangkangan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga