5 Fakta Unik di Dunia, Nomor 2 Ada Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 30 September 2022
0 dilihat
5 Fakta Unik di Dunia, Nomor 2 Ada Indonesia
Beberapa hal unik dunia terjadi di berbagai negara salah satunya tiap detik 4 bayi lahir di dunia, mengejutkan tapi inilah fakta yang ditemukan. Foto: Repro idntimes.com

" Dari 100 negara yang diteliti, orang Indonesia-lah yang terpendek dengan tinggi badan rata-ratanya penduduknya 157,98 sentimeter. "

KENDARI, TELISIK.ID - Terdapat 195 negara di dunia yang tersebar di enam benua, yakni 48 negara di Benua Asia, 33 negara di benua Amerika Latin, 54 negara di benua Afrika, 44 negara di benua Eropa, dua negara di benua Amerika Utara dan 14 negara di Osenia.

Hal ini menyimpan fakta aneh yang tak sedikit, seperti hal sederhana membeli Coca-Cola yang bisa lakukan di mana saja, namun belum tentu anda temui di wilayah Korea Utara dan Kuba.

Berikut ini 5 fakta aneh dan unik dari seluruh dunia dilansir dari viva.co.id dan idntimes.com:

1. Coca-cola tak ditemukan Korea Utara dan Kuba

Minuman bersoda ini ternyata belum sampai ke Korea Utara dan Kuba. Hal ini disebabkan negara tersebut tengah berada di dalam embargo perdagangan jangka panjang Amerika Serikat. Namun, beberapa orang menjelaskan bahwa mungkin saja minuman tersebut bisa ditemukan di Korea Utara dan Kuba bila berusaha lebih keras lagi.

2. Manusia terpendek di dunia banyak di Indonesia

Baca Juga: 4 Cara Mudah Bikin e-Paspor

Mengutip kumparan.com, peringkat satu alias negara dengan rata-rata terpendek dari penelitian tersebut, tak lain adalah Indonesia. Dari 100 negara yang diteliti, orang Indonesia-lah yang terpendek dengan tinggi badan rata-ratanya penduduknya 157,98 sentimeter.

3. Profesi tertua di dunia adalah dokter gigi

Hasil penelitian Nature Publishing Group dengan judul 'Early Neolithic Tradition of Dentistry' ditemukan bahwa bukti gigi dibor di tengkorak ternyata berasal dari 7.500 hingga 9.000 tahun yang lalu. Lubang-lubang itu kemungkinan dibuat menggunakan bor busur prasejarah. Sehingga banyak yang berspekulasi bahwa dokter gigi adalah profesi tertua di dunia.

4. Laut mengandung hampir 200.000 virus yang berbeda

Laut seringkali menjadi pilihan destinasi liburan untuk banyak orang. Ini dikarenakan laut memiliki pemandangan alam yang indah dan juga bermain olahraga air adalah kegiatan yang menyenangkan dan menantang. Akan tetapi faktanya di dalam air yang tampaknya murni itu terdapat hampir 200.000 jenis virus yang berbeda.

Baca Juga: 5 Fakta Healing di Alam Ternyata Bisa Menyembuhkan

Dilansir cnnindonesia.com, ada hampir 200.000 spesies virus di lautan dunia, sekitar 12 kali lebih banyak dari yang diketahui para ilmuwan sebelumnya. Fakta ini didapatkan dari hasil temuan sebuah penelitian oleh para ilmuwan dari Ohio State University 'Marine DNA Viral Macro- and Microdiversity from Pole to Pole'.

5. Tiap detik 4 bayi lahir di dunia

Dilansir The Guardian, data PBB menunjukan bahwa ada sekitar satu miliar orang pada tahun 1800, dua miliar pada tahun 1927, lima miliar pada tahun 1987 dan lebih dari tujuh miliar pada 2018. Jika rata-rata ada sekitar 250 bayi yang lahir setiap menit, maka ada lebih dari 130 juta bayi dalam setahun. Diprediksi bahwa akan ada sebelas miliar orang pada tahun 2100. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Baca Juga