5 Latihan Dasar untuk Menjadi Kiper Sepak Bola

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 09 Desember 2022
0 dilihat
5 Latihan Dasar untuk Menjadi Kiper Sepak Bola
Bagi yang ingin menjadi kiper sepak bola banyak bisa dilakukan dengan melakukan latihan khusus. Foto: Repro hellosehat.com

" Salah satu posisi penting dalam permainan olahraga sepak bola adalah posisi kiper. kiper atau penjaga gawang sepak bola merupakan salah satu pemain penting di banding pemain lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu posisi penting dalam permainan olahraga sepak bola adalah posisi kiper.

Dikutip dari Kompas.com, kiper atau penjaga gawang sepak bola merupakan salah satu pemain penting di banding pemain lainnya.

Pemain sepak bola yang boleh menggunakan tangan untuk memainkan bola adalah kiper. Hal ini berbeda dengan pemain lainnya yang tidak boleh memakai tangan.

Bagi yang ingin menjadi kiper sepak bola banyak bisa dilakukan dengan melakukan latihan khusus.

Baca Juga: Simak Jadwal 8 Besar Piala Dunia 2022, Makin Seru

Melansir indosport.com, berikut beberapa tips latihan yang bisa dilakukan untuk menjadi kiper sepak bola bagi pemula:

1. Latihan harus dilakukan dengan orang lain

Latihan untuk menjadi penjaga gawang akan selalu lebih mudah dilakukan jika ada orang lain yang terlibat. Di sini Anda dapat menggabungkan latihan yang sama seperti di atas. Akan tetapi cara tersebu tentu akan jauh lebih efektif jika melibatkan orang lain untuk menendang bola ke berbagai arah.

Selain itu variasi-variasi tending bisa diberikan, seperti tendangan yang lebih tinggi atau tendangan yang setinggi dengkul. Teknik itu bisa membuat kemampuan Anda dalam menjatuhkan diri menuju bola akan lebih berkembang.

2. Latihan yang dapat dilakukan sendiri

Salah satu hal yang paling penting bagi seorang kiper untuk belajar dengan benar adalah cara menjatuhkan diri. Dengan teknik menjatuhkan diri yang benar, peluang menderita cedera akan jauh lebih sedikit.

Untuk mengasah kemampuan menjatuhkan diri dapat dilakukan dengan meletakan bola di depan kotak enam yard yang berada di dalam kotak penalti.

Setelah itu letakkan tangan Anda di tiang jauh, kemudian ambil dua langkah ke samping dan jatuhkan diri ke arah bola. Ini akan membuat Anda dalam posisi menyerang ke arah bola dan belajar untuk menjatuhkan diri dengan benar.

Ketika Anda merasa nyaman dengan itu, tambahkan bola lagi untuk melompati dan sebagainya. Setelah satu sisi nyaman, beralih ke sisi lain dan jatuhkan diri dengan cara lain.

3. Sudut pandang

Selalu keberhasilan kiper adalah dengan fokus membaca arah bola, entah itu dari tendangan langsung, sepak pojok, tendangan bebas, atau bahkan saat berhadapan langsung dengan lawan, Anda harus tahu cara membaca arah bola.

Latihan untuk menghasilkan fokus yang baik dalam membaca arah bola dapat dilakukan dengan dua orang atau lebih. Penendang akan melakukan tendangan menuju penjaga gawang secara acak, guna melatih kemampuan insting ke berbagai sudut.

4. Menangkap bola dengan tepat

Menangkap bola dengan tepat dan aman akan mencegah terjadinya rebound. Latihan seperti ini hanya bisa dilakukan dengan melibatkan orang lain untuk menendang bola kea rah Anda.

Kemudian posisi tangan pastikan menyerupai huruf "W", itu dilakukan agar posisi tangan selalu siap untuk  menangkap bola dengan tepat. Setelah tertangkap, bola letakan di dada dengan posisi memeluk.

Untuk tembakan mendatar, Anda perlu lebih aktif untuk menjatuh lengan Anda dan kemudian menarik lengan tersebut kea rah dada untuk kembali mengamankan bola.

5. Memanfaatkan gerak kaki

Untuk berlatih dengan melibatkan gerakan kaki yang lebih banyak, penjaga gawang harus memanfaatkan segala sesuatu yang bisa membuat latihan berhasil.

Baca Juga: Rekor Buruk Spanyol Adu Penalti di Berbagai Piala Dunia

Antara lain dengan menyiapkan lima bola yang diletakan dengan jarak sekitar satu kaki, Penjaga gawang dapat melakukan lompatan kecil di atas bola.

Setelah selesai melakukan lompatan-lompatan kecil, Anda segera menjatuhkan diri menuju bola yang ada di sudut. Dan lakukanlah itu secara berulang dengan berganti-ganti posisi.

Nah, itulah beberapa tips latihan yang bisa dilakukan ketika Telisikers ingin menjadi kiper sepakbola yang profesional. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga