Ini Tips Mudah Cegah Rambut Lepek

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Minggu, 18 Februari 2024
0 dilihat
Ini Tips Mudah Cegah Rambut Lepek
Rambut menjadi salah satu bagian tubuh terpenting, khususnya bagi para wanita. Rambut tak ubahnya sebuah mahkota yang perlu dijaga kondisinya agar tampak selalu indah. Foto Repro Tresemme

" Jangan buru-buru mengatasi rambut lepek sebelum mengetahui teknik atau produk perawatan yang bisa mengembalikan keindahan rambutmu "

KENDARI, TELISIK.ID – Masalah rambut lepek yang tidak bervolume dan susah diatur, tentu merusak penampilan. Apalagi saat cuaca sedang panas-panasnya. Jangan buru-buru mengatasi rambut lepek sebelum mengetahui teknik atau produk perawatan yang bisa mengembalikan keindahan rambutmu.

Rambut menjadi salah satu bagian tubuh terpenting, khususnya bagi para wanita. Rambut tak ubahnya sebuah mahkota yang perlu dijaga kondisinya agar tampak selalu indah. Semakin indah rambut yang kamu miliki, akan semakin tampak menarik pula penampilanmu. Namun, tak jarang, ada beberapa kondisi dimana rambut tampak kurang bersahabat.

Dilansir dari Dove.com beberapa penyebab rambut lepek di antaranya:

1. Suhu udara panas

Saat paparan panas dari sinar matahari dan suhu yang membuat gerah, sangat mudah membuat rambut lepek seharian. Bahkan sehabis keramas sekalipun.

2. Menutup kepala dengan hijab atau topi dalam kondisi rambut belum kering

Masalah rambut lepek juga kadang disebabkan karena urusan sepele. Misalnya, malas mengeringkan rambut atau pakai hijab dengan rambut setengah kering. Jika pernah melakukannya, hindari memakai hijab, mengikat, atau menutup kepala dalam kondisi rambut basah atau belum 100 persen kering.

Baca Juga: Manfaat Hair Mist Bagi Rambut Wanita

Adapun cara mengatasi rambut lepek seperti dikutip di Tresseme.com di antaranya:

Mengubah Arah Belahan Rambut

Cara mengatasi rambut lepek dengan cepat yang pertama adalah dengan mengubah arah belahan rambut. Bila biasanya kamu menggunakan arah belahan rambut di kanan atau belah kanan, cobalah untuk mengubahnya ke arah kiri. Sebab, rambut yang paling tampak lepek biasanya adalah bagian yang lebih sering terekspos dengan lingkungan.

Menggunakan Dry Shampoo

Salah satu penyebab rambut lepek adalah produksi minyak berlebih pada lapisan kulit kepala. Itu sebabnya, kamu perlu mencuci rambut dengan shampo agar rambut kembali segar dan terbebas dari kondisi lepek. Namun, bila kamu sedang terburu-buru dan tidak memiliki banyak waktu untuk keramas, tidak perlu terlalu khawatir. Agar rambut tidak lepek, kamu bisa mengaplikasikan dry shampoo.

Baca Juga: Intip Rutinitas Wanita Jepang Bikin Rambut Lembut dan Atasi Rambut Rontok

Menaburkan Baby Powder

Cara mengatasi rambut lepek dengan cepat yang juga tak kalah mudah untuk dilakukan adalah dengan memanfaatkan baby powder. Trik satu ini sudah banyak dilakukan dan menjadi salah satu hack andalan para wanita untuk mengatasi rambut lepek. Layaknya menggunakan bedak tabur sebagai setting powder saat memulas wajah agar bebas minyak, begitupun baby powder akan bekerja mengatasi rambut lepek.

Menggulung Rambut atau Menggunakan Jepitan

Cara untuk menghadapi kondisi rambut lepek lainnya bila kamu tidak menemukan bedak tabur ataupun dry shampoo adalah segeralah gunakan benda sederhana seperti karet atau jepit. Kamu bisa menggunakan jepitan atau karet untuk menguncir dan menggulung rambut. Dengan begitu, masalah rambut lepek yang sedang Kamu alami dapat tersamarkan. (C)

Penulis:Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga