5 Tips Jitu Atasi Rasa Kantuk Setelah Santap Sahur

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 12 Maret 2024
0 dilihat
5 Tips Jitu Atasi Rasa Kantuk Setelah Santap Sahur
Rasa kantuk usai makan sahur harus dihindari, karena dapat menggangu kualitas ibadah dan bekerja selama seharian. Foto: Repro Freepik.com/Odua

" Bagi mereka yang harus bekerja, menahan kantuk setelah sahur bukanlah hal yang mudah. Rasa kantuk ini seringkali muncul setelah sahur dan dapat berlanjut hingga siang hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebiasaan yang dialami saat setelah menyantap sahur adalah mengantuk. Hal ini harus dihindari, karena dapat menggangu kualitas ibadah dan bekerja selama seharian.

Dikutip dari Brilio.net, untuk menjalani puasa seharian dengan kuat, disarankan bagi umat Muslim untuk bangun makan sahur. Setelah makan sahur, banyak yang kembali tidur, tetapi sebagian orang harus tetap terjaga karena memiliki pekerjaan yang menunggu.

Bagi mereka yang harus bekerja, menahan kantuk setelah sahur bukanlah hal yang mudah. Rasa kantuk ini seringkali muncul setelah sahur dan dapat berlanjut hingga siang hari.

Kantuk yang tidak teratasi ini dapat mengganggu fokus dan kinerja, mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Selain itu, bisa juga menyebabkan gejala seperti pusing, sakit kepala, dan penurunan stamina tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi rasa kantuk agar dapat menjalani aktivitas dengan lebih efektif selama bulan puasa.

Dilansir dari health.grid.id, berikut beberapa tips yang bisa Telisiker lakukan untuk mencegah diri dari rasa kantuk setelah santap sahur:

1. Atur pola tidur

Cobalah untuk mengatur rutinitas tidur yang sesuai dengan jadwal Ramadan, sehingga kamu dapat tidur dan bangun pada waktu yang hampir sama setiap hari, seperti dikutip dari Cleveland Clinic Abu Dhabi.

Baca Juga: 7 Tips Produktif Bekerja saat Berpuasa

Dengan mengatur waktu tidur, tubuh dapat mengenali ritme tidur yang lebih stabil, sehingga tidur akan menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

2. Hindari makanan penyebab ngantuk

Untuk menghindari rasa mengantuk setelah sahur, disarankan untuk menghindari makanan berat, berlemak, atau manis saat berbuka puasa, karena hal ini dapat membuat tubuh bekerja lebih keras dalam proses pencernaan. Selain itu, makanan pedas juga dapat membuat tubuh tetap terjaga semalaman, yang mungkin menyebabkan rasa kantuk setelah sahur.

Penting juga untuk menghindari konsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur, karena kafein dapat mengganggu kualitas tidur. Dengan mengatur pola makan dan menghindari makanan dan minuman tertentu, kamu dapat memastikan tidur yang berkualitas dan mengurangi risiko mengantuk setelah sahur.

3. Jangan makan buru-buru

Saat sahur, hindari makan terlalu cepat. Kebiasaan makan cepat dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Makan dengan tergesa-gesa akan membuat saluran pencernaan bekerja lebih keras, yang pada akhirnya dapat menyebabkan rasa kantuk setelah makan sahur.

Oleh karena itu, disarankan untuk makan dengan perlahan dan menikmati setiap suapan untuk meminimalkan risiko terjadinya kantuk setelah sahur.

4. Minum air putih

Hindari mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, karena dapat menyebabkan efek diuretik yang bisa memicu terjadinya dehidrasi, sehingga lemas dan mengantuk.

Baca Juga: 5 Tips UMKM Mendongkrak Penjualan Online di Bulan Ramadan

Oleh karena itu, perbanyak minum air putih agar tubuh terhidrasi dan menghilangkan rasa kantuk usai sahur.

5. Olahraga ringan

Untuk mencegah mengantuk usai sahur, lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki pada pagi hari.

Jalan kaki dapat membuat sistem tubuh aktif, meningkatkan denyut nadi, melancarkan aliran oksigen ke otak, hingga meningkatkan kewasapadaan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk mencegah rasa kantuk seusai menyantap makanan sahur. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga