Ini 7 Tips Lulus Kuliah Lancar dan Tepat Waktu

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 24 Agustus 2022
0 dilihat
Ini 7 Tips Lulus Kuliah Lancar dan Tepat Waktu
Beberapa tips yang perlu dilakukan dalam menjalani perkuliahan dengan lancar dan tepat waktu yaitu komitmen, prioritas, proaktif, manajemen waktu, dan sebagainya. Foto: Repro sisternet.co.id

" Tak sedikit hambatan yang membuat seseorang memiliki waktu kuliah dengan jangka waktu yang cukup lama "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai mahasiswa tentunya lulus kuliah tepat waktu adalah impian tiap orang. Tidak hanya ingin segera mendapatkan pekerjaan namun juga untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi berikutnya.

Namun, tak sedikit hambatan yang membuat seseorang memiliki waktu kuliah dengan jangka waktu yang cukup lama.

Dilansir dari sindonews.com dan yoursay.id, beberapa tips ini bisa membantumu menjalani perkuliahan dengan lancar dan tepat waktu, antara lain:

1. Komitmen

Komitmen yang kuat akan membantu kita dalam mencapai tujuan. Ketahui mata kuliah yang dibutuhkan sebelum semester berjalan. Temui dosen wali atau pembimbing untuk meminta saran agar mendapatkan gelar akademik tepat waktu.

2. Tidak meremehkan mata kuliah tertentu

Mungkin ada satu atau beberapa mata kuliah yang menurutmu tidak menarik. Entah karena kamu memang tidak suka atau justru karena bagimu itu terlalu mudah. Apapun alasannya, kamu tak boleh menganggap remeh mata kuliah manapun.

Baca Juga: Simak 9 Tips Sukses Bangun Relasi dengan Atasan

Kamu harus tetap mengikuti dengan sungguh-sungguh semua mata kuliah. Kamu harus ingat, bahwa setiap mata kuliah mengandung pengetahuan yang bermanfaat.

3. Prioritas

Jadikan kuliah sebagai prioritas. Jika memungkinkan, ambil mata kuliah di semester atas agar bisa mendapatkan SKS per semester lebih banyak dan selesai lebih cepat.

4. Terlalu memusingkan penampilan

Ingin tampil keren memang boleh-boleh saja. Tetapi jika kamu terlalu berlebihan dalam hal penampilan, kamu hanya akan menyusahkan diri sendiri. Apalagi jika sampai membahayakan keuanganmu.

Tak perlu terlalu mengkhawatirkan penilaian orang lain. Jadilah dirimu sendiri dan tampillah sebagaimana kamu suka dan nyaman. Ingatlah bahwa orang lain juga punya masalah masing-masing dan belum tentu punya waktu memperhatikan detail penampilan kamu setiap hari.

5. Proaktif

Baca Juga: Ini 6 Langkah Mudah Pesan Kopi di Starbucks untuk Pertama Kali

Jadilah proaktif dan manfaatkan fasilitas yang tersedia di kampus dengan baik. Mahasiswa dapat meminta bantuan mulai dari dosen, asisten pengajar, penasihat akademik, dan sesama mahasiswa. Selain itu juga dapat mencari informasi pendukung lainnya melalui buku dan fasilitas lainnya yang terdapat di kampus.

6. Menutup diri

Kehidupan kampus dengan bermacam karakter orang adalah tempat yang tepat untuk belajar kehidupan bermasyarakat. Jika kamu terlalu menutup diri dan membatasi pergaulan hanya dengan orang tertentu saja, kamu akan kehilangan kesempatan untuk mengenal lebih banyak orang yang bisa saja berpotensi menjadi kawan baikmu.

7. Manajemen

Waktu Membagi waktu antara kegiatan perkuliahan dengan organisasi atau bekerja secara seimbang. Selalu disiplin dan konsisten denga pembagian waktu tersebut. Ingatlah bahwa tugas utama kita adalah menjadi mahasiswa dan belajar dengan giat agar bisa lulus tepat waktu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga