5 Kebiasaan Sepele yang Harus Dihindari Agar Jerawat Tidak Semakin Parah

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 23 Januari 2021
0 dilihat
5 Kebiasaan Sepele yang Harus Dihindari Agar Jerawat Tidak Semakin Parah
Tampak parahnya jerawat akibat kebiasaan sepele yang dilakukan sehari-hari. Foto: Repro Suara.com

" Jika Anda melihat jerawat di sepanjang garis rambut, leher, dan punggung, ada kemungkinan itu berasal dari produk Anda. "

KENDARI, TELISIK.ID - Jerawat salah satu masalah kulit yang umum dialami setiap orang. Permasalahan ini tidak boleh dianggap sepele, sebab bisa saja jerawat yang Anda alami semakin parah jika tidak mengetahui cara mengatasinya.

Tidak hanya karena kesalahan kosmetik, jerawat yang semakin parah juga bisa disebabkan oleh kebiasaan kita sehari-hari yang jarang disadari.

Melansir laman resmi Beautynesia.id, berikut lima kebiasaan sepele yang harus dihindari agar tidak memicu parahnya Jerawat pada wajah.

1. Pola makan buruk

Pola makan sangat memengaruhi kecantikan kulit lho, Bunda. Makan makanan yang tidak baik bisa menyebabkan alergi, jerawat, bahkan penyakit kronis seperti diabetes dan kanker.

Jadi, jika ingin kulit terhindar dari jerawat mulailah menyusun pola makan yang baik dan seimbang, seperti mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran segar. Hindari makanan berminyak, junk food, terlalu manis dan susu yang berlebihan.

"Saya telah melihat pasien yang kulitnya bersih secara signifikan dalam beberapa minggu ketika mereka berhenti mengonsumsi susu," kata Jessica Wu, M.D., ahli dermatologi Los Angeles dan penulis Feed Your Face, dilansir Glamour.

Lebih lanjut Wu menjelaskan bahwa susu dapat memperparah jerawat karena dapat merangsang kelenjar minyak dan meningkatkan pori-pori yang tersumbat. Susu sapi mengandung hormon yang dapat berinteraksi dengan kulit serta memengaruhi hormon tubuh.

Baca juga: 10 Referensi Situs untuk Mencari Jurnal Karya Tulis Ilmiah

2. Malas membersihkan wajah

Wajah harus selalu dibersihkan. Malas membersihkan wajah bisa menyebabkan jerawat. Setiap hari, wajah menggunakan makeup, terpapar polusi, debu, dan kotoran.

Wajah juga biasanya memproduksi minyak alami, yang jika bercampur partikel seperti debu, maka akan mengundang bakteri yang menyebabkannya rentan berjerawat.

Itu sebabnya kita harus mencuci wajah. Jika wajah jarang dibersihkan, maka jerawat akan berpesta di permukaan kulit. Cucilah wajah dengan fash wash yang cocok untuk kulit.

3. Rambut kotor

Jangan menyepelekan rambut kotor, karena rambut juga menghasilkan minyak bercampur bakteri. Bisa saja rambut kita yang kotor menempel di permukaan kulit wajah, yang pada akhirnya menyumbat pori dan menimbulkan jerawat. Jadi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rambut ya, Bunda.

Tak hanya rambut kotor, berbagai produk rambut juga bisa menyebabkan jerawat parah lho, Bunda. Kata David Bank, M.D., pendiri dan direktur Pusat Dermatologi, Kosmetik, dan Bedah Laser di Mount Kisco, New York banyak produk kecantikan rambut seperti serum, gel, pomade yang bahannya bisa menetes ke kulit wajah dan akhirnya menyumbat pori-pori.

Baca juga: Wanita Wajib Ketahui 4 Tips Minta Uang Belanja Tambahan pada Suami

"Jika Anda melihat jerawat di sepanjang garis rambut, leher, dan punggung, ada kemungkinan itu berasal dari produk Anda," ujar Bank.

Untuk menghindarinya, luangkan waktu untuk membilas tubuh dan wajah secara menyeluruh saat mandi, lindungi wajah sebelum menggunakan hair spray, dan jangan oleskan minyak atau serum pada poni atau lapisan rambut yang menyentuh wajah.

4. Stres

Kadang kita sulit menghindari stres, karena stres adalah dinamika dalam kehidupan. Hanya saja, jangan sampai stres berlebih ya, Bunda.

Stres berlebihan tak hanya memengaruhi kesehatan pikiran, namun juga kesehatan kulit lho. Stres bisa mengundang jerawat bersemayam di wajah. Itu sebabnya kita perlu mengelola stres dengan baik. Jangan memaksakan diri jika kita sedang masuk pada fase lelah, cobalah perbanyak istirahat dan ambil jadwal berlibur.

5. Menempelkan handphone ke wajah

Handphone kini sudah menjadi benda wajib yang dibawa ke mana pun. Sementara itu, handphone juga bisa menjadi sumber bakteri dan kuman karena ia kerap di letakkan di mana pun. Kita juga sering memegang handphone tanpa cuci tangan terlebih dulu.

Nah, terbayang kan Bunda jika handphone yang penuh bakteri ini ditempelkan ke wajah misalnya saat kita menelepon. Sebaiknya, hindari penggunaan handphone di area wajah, karena bisa merangsang timbulnya jerawat di kulit wajah. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga