Waspada, Penularan HIV/AIDS Melalui 4 Cara Ini

Wa Ode Umratul Khazanah, telisik indonesia
Sabtu, 11 Desember 2021
0 dilihat
Waspada, Penularan HIV/AIDS Melalui 4 Cara Ini
Berpelukan tidak akan menularkan HIV/AIDS. Foto: Repro bangsalonline.com

" Penyakit HIV/AIDS merupakan penyakit yang tidak mudah menular "

KENDARI, TELISIK.ID - Berpelukan tidak dapat menularkan HIV/AIDS. Virus tersebut hanya dapat ditularkan melalui cara tertentu.

Penyakit HIV/AIDS merupakan penyakit yang tidak mudah menular. Penyakit ini hanya dapat ditularkan dengan empat cara, yaitu melalui hubungan seks, berbagi jarum suntik, produk darah atau organ tubuh, serta ibu hamil positif HIV ke bayinya.

Pemerhati HIV/AIDS, La Ode Muh. Sety, S. KM., M.Epid mengatakan, HIV/AIDS hanya akan menular melalui seks bebas atau berganti-ganti pasangan seks.

"Yang paling beresiko terkena penyakit HIV/AIDS adalah mereka yang sering berganti-ganti pasangan seks, " kata La Ode Muh. Sety yang juga Dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat UHO, Sabtu (11/12/2021).

Selain itu, penularan lain adalah melalui penggunaan jarum suntik lebih dari satu orang, yang biasanya dilakukan oleh pemakai narkoba, juga proses transfusi darah yang tidak aman.

"Penularan melalui transfusi darah kecil kemungkinan, karena sudah melalui proses screening," tambahnya.

Penularan yang terakhir adalah melalui tali pusat, yaitu ibu hamil ke bayinya. Ibu hamil yang positif HIV besar kemungkinan akan melahirkan anak positif HIV.

Baca Juga: Beradegan Seks Tidak Sehat, Pasutri Wajib Tahu

Sementara itu, Samsul Bahri, S.KM., M.Kes, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kendari mengatakan, berciuman berpelukan tidak akan menukarkan HIV/AIDS.

Baca Juga: Wanita Pamer Payudara dan Kelamin di Bandara, Ini Gejala dan Penyebab Ekshibisionis

Samsul menambahkan, pencegahan penularan HIV/AIDS hanya bisa dilakukan dengan menjauhi perilaku seks bebas. (B)

Reporter: Wa Ode Umratul Khazanah

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga