6 Tips Menjaga Nafas Tetap Segar Selama Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 01 April 2023
0 dilihat
6 Tips Menjaga Nafas Tetap Segar Selama Puasa
Bau mulut yang muncul saat puasa bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Foto: Repro delta dental

" Ternyata bau mulut muncul karena kondisi mulut yang kering dan tidak mendapat asupan minum atau air putih dalam waktu yang lama "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah yang seringkali dialami seseorang saat berpuasa adalah nafas terasa bau. Hal ini wajar, tapi cukup mengganggu kepercayaan diri.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, bau mulut merupakan masalah yang sering terjadi pada saat menjalankan ibadah puasa.

Ternyata bau mulut ini muncul karena dipengaruhi oleh kondisi mulut yang kering dan tidak mendapat asupan minum atau air putih dalam waktu yang lama.

Bau mulut yang muncul saat puasa bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Namun jangan khawatir, kita bisa mengatasinya.

Melansir suara.com - jaringan Telisik.id dari berbagai sumber, berikut beberapa tips menjaga mulut tetap segar selama puasa:

1. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi minimal 8 gelas air putih bisa membantu tubuh terhindar dari dehidrasi dan bau mulut saat berpuasa.

2. Sikat Gigi

Mengutip dari RSGM Maranatha, sikat gigi adalah cara yang paling efektif untuk membersihkan gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan.

Baca Juga: Awas, 5 Penyebab Ini Kamu Bisa Diare Saat Puasa

Sikat gigi dua kali sehari setelah sahur dan sebelum tidur serta penggunaan dental floss dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan agar gigi dan rongga mulut menjadi lebih bersih.

3. Berkumur dengan Mouthwash

Menurut Hello Sehat, guna nafas tetap segar selama berpuasa, Anda bisa berkumur dengan mouthwash atau obat kumur. Pilihlah obat kumur yang bisa membunuh bakteri sehingga proses pembusukan sisa makanan oleh bakteri bisa dicegah.

4. Membersihkan Permukaan Lidah

Tidak hanya gigi, supaya nafas tetap segar maka harus membersihkan permukaan lidah juga. Pasalnya permukaan lidah bisa menjadi tempat menempelnya sisa-sisa makanan yang dapat menyebabkan bau mulut. Membersihkan permukaan lidah bisa dilakukan setelah menyikat gigi.

5. Konsumsi Buah dan Sayur

Saat berpuasa sebaiknya perbanyak mengonsumsi buah dan sayur yang tinggi serat. Sayuran dan buah-buahan bisa memicu lingkungan di dalam rongga mulut menjadi lebih basa. Misalnya buah semangka yang tinggi kandungan airnya agar mulut tidak kering selama puasa.

Baca Juga: 8 Minuman Sehat Ini Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Selain buah semangka, mengutip dari Hello Sehat, buah-buahan yang tinggi vitamin C seperti jeruk dan nanas bisa membantu meningkatkan produksi air liur. Sehingga dapat membantu untuk mencegah bau mulut selama puasa.

6. Perawatan ke Dokter Gigi

Penyebab bau mulut tidak hanya dipicu oleh kondisi mulut yang kering. Bisa jadi penyebabnya adalah penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis yang membuat penumpukan bakteri di dasar gigi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga