6 Tips Rahasia Jualan Online, Dijamin Tokomu Laris Manis

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 16 Juli 2022
0 dilihat
6 Tips Rahasia Jualan Online, Dijamin Tokomu Laris Manis
Jualan sedang digandrungi banyak orang. Caranya pun bisa dibilang gampang-gampang susah. Saat ini banyak pedagang merintis toko online. Foto: qiscus.com

" Cara jualan online untuk pemula (cara jualan online laris) bisa dibilang gampang-gampang susah. Jualan online tengah digandrungi banyak orang di Tanah Air "

KENDARI, TELISIK.ID - Cara jualan online untuk pemula (cara jualan online laris) bisa dibilang gampang-gampang susah. Jualan online tengah digandrungi banyak orang di Tanah Air. 

Tren berjualan ini memang sudah jadi tren dalam beberapa tahun terakhir sejak menjamurnya marketplace dan media sosial. Banyak pedagang yang sebelumnya hanya mengandalkan toko fisik, kini juga terpaksa merintis toko online. 

Berjualan online sepertinya terlihat mudah, padahal sebenarnya berjualan online juga punya tantangannya tersendiri.

Berikut Telisik.id merangkum 6 Tips rahasia jualan online dilansir dari berbagai sumber.

1. Gunakan Foto Terbaik

Melansir detik.com, pasti kamu pernah melihat foto produk di toko online yang diambil ala kadarnya. Padahal, sama seperti percintaan, kesan pertama sangat menentukan ketertarikan konsumen terhadap produk yang kita jual.

Tips yang sederhana bukan? Sayangnya masih banyak seller yang mengabaikan ini. Karenanya, luangkan waktu kamu untuk mengambil foto produk dari angle terbaik dengan menggunakan peralatan dan pencahayaan yang memadai.

Jika perlu, hias foto dengan filter atau sticker untuk makin menegaskan keunikan produk dan toko kamu. Kesan pertama adalah segalanya.

2. Jual di Seluruh Kanal yang Ada

Masih banyak masyarakat Indonesia yang latah dalam belanja online. Artinya, mereka cenderung mudah menggunakan berpindah ke platform lain untuk berbelanja online.

Oleh karena itu, sebagai seller kamu harus turut menyesuaikan dengan kebiasaan konsumen. Semakin banyak platform yang kamu gunakan, produk kamu akan semakin laris dan toko kamu juga akan semakin dikenal oleh banyak orang.

3. Tetapkan harga yang wajar

Melansir Kompas.com, cara jualan online untuk pemula pertama yang sangat riskan adalah terkait harga produk. Penting untuk menetapkan harga yang wajar untuk memastikan bahwa barang Anda terjual tepat waktu. 

Strategi paling mudah menentukan harga, tentu dengan melihat pesaing. Jika ingin cepat terjual, Anda bisa menggunakan strategi potongan harga atau diskon namun dengan tetap mempertimbangan keuntungan. 

Baca Juga: Sering Merasa Pusing Usai Makan Durian? Ini Sebab dan Cara Atasinya

Selain itu, jangan ragu untuk menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi jika menurut Anda item yang dijual memiliki kualitas yang lebih baik daripada produk serupa.

4. Memberikan deskripsi rinci

Berjualan apa pun di online, baik marketplace, media sosial, maupun situs, harus memperhatikan deskripsi lengkap. Cara jualan online untuk pemula yakni menawarkan sebanyak mungkin detail tentang produk sehingga bisa menjawab semua pertanyaan dari calon pembeli. 

Pastikan untuk menyertakan detail lengkap seperti tentang merek, pabrikan, dan nomor model. Berikan pula informasi yang akurat dan detail yang relevan tentang kondisi barang, termasuk cacat apabila memang ada.

Jujurlah saat menjelaskan barang tersebut, terutama dalam hal ukuran, tempat asal, dan kondisinya.

5. Pastikan untuk menyertakan tag pencarian

Cara jualan online untuk pemula berikutnya yang harus diperhatikan adalah terkait kata kunci yang bisa jadi tag dalam pencarian. 

Baca Juga: 8 Tips Jaga Kesehatan saat Musim Hujan

Dalam marketplace, biasanya juga menyediakan fitur tagging untuk semakin memudahkan pencarian produk, termasuk membaginya dalam kategori barang. 

6. Menanggapi pertanyaan dengan cepat

Cara jualan online untuk pemula tentu harus siap siaga menjawab pertanyaan calon pembeli. Transaksi di media sosial maupun marketplave cenderung bergerak cepat, jadi penting untuk memantau pesan masuk setiap saat.

Jika Anda tidak menanggapi pertanyaan dalam waktu 24 jam, calon pembeli mungkin telah membeli barang serupa dari penjual lain. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga