62 ASN Berebut 14 Kursi Kepala OPD Konawe Selatan

Ashar Hamka, telisik indonesia
Selasa, 12 Juli 2022
0 dilihat
62 ASN Berebut 14 Kursi Kepala OPD Konawe Selatan
62 ASN mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) untuk memperebutkan 14 kursi kepala dinas lingkup Pemkab Konawe Selatan. Foto: Ashar Hamka/Telisik

" Pencarian kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintahan Kabupaten Konawe Selatan memasuki babak baru, yakni pelaksanaan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pencarian kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintahan Kabupaten Konawe Selatan memasuki babak baru, yakni pelaksanaan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

62 peserta dinyatakan lulus berkas guna bersaing memperebutkan 14 kursi untuk menjadi kepala dinas.

Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga mengungkapkan pelaksanaan tahapan selanjutnya itu, sudah sesuai amanah undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Dimana, seleksi JPTP dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan. Juga, integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan.

Bupati dua periode ini berharap pimpinan OPD akan dijabat pejabat definitif, guna percepatan pelaksanaan program pemerintahan dan pembangunan daerah. Jadi, setiap peserta seleksi mengikuti tahapan yang telah ditentukan oleh panselda dan tim assessor.

“Kita juga sudah dalam pengawasan tim KASN. Jadi silahkan kerahkan kemampuan, serta tunjukkan kompetensi yang dimiliki, karena kesemuanya menjadi indikator penilaian," ungkap Surunuddin Dangga.

Sementara itu, Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar, Agus Sutiadi memaparkan dalam seleksi terbuka JPTP yang dilakukan ini sudah sesuai ketentuan. Dimana pihaknya, menyiapkan, tim asesor yang memberikan penilaian ke peserta, sudah teruji. Langkah itu dilakukan, sebagai bentuk tekad mencari yang terbaik demi masyarakat dan daerah.

Mengingat jika pejabatnya berkompeten akan memberikan dampak positif pada pembangunan daerah khususnya Konawe Selatan. Seleksi ini masih tahap asesmen center, nanti pihaknya melaporkan hasilnya dan dilanjutkan sampai tahap terakhir.

“Nantinya, semua hasilnya bakal direkap dan diberikan perangkingan. Untuk kemudian menjadi acuan PPK (Pejabat Pimpinan Kepegawaian) menetapkan pejabatnya," ungkapnya.

Baca Juga: Ratusan Jenis Obat Kadaluwarsa Ditemukan di Puskesmas Muna Barat

Mewakili Ketua Panitia Seleksi, Hj. St Chadidjah, Asisten II Dr Sahlul merinci jumlah peserta seleksi yakni tujuh untuk jabatan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 16 peserta untuk jabatan Kadis Koperasi Dan UMKM, delapan peserta dijabatan Kadis Ketahanan Pangan dan lima untuk jabatan Kadis Kesehatan.

Serta, 12 peserta memilih untuk jabatan Kadis Kepemudaan Dan Olahraga, 16 peserta dijabatan Kadis Perindustrian dan Perdagangan, delapan peserta untuk jabatan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja. Kemudian, Sembilan peserta memilih jabatan Kadis Perikanan Dan Kelautan, tujuh peserta dijabatan Kepala Badan Pendapatan Daerah, Sembilan peserta dijabatan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, empat peserta memilih dijabatan Kadis PU dan Tata Ruang.

Sementara untuk jabatan Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan dipilih sebanyak enam peserta. Dua OPD lainnya yaitu Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan sebanyak 17 peserta dan Kantor Inspektorat Daerah sebanyak sembilan peserta.

Baca Juga: Proyek PEN Dipantau KPK, Bupati Perintahkan Inspektorat Kawal Sesuai Aturan

“Secara keseluruhan terdapat 62 orang peserta seleksi terbuka JPTP di lingkungan Pemkab Konsel," ungkap Sahlul.

Pelaksanaan seleksi terbuka JPTP digelar di salah satu hotel di Kota Kendari, hadir dalam pembukaan Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar Agus Sutiadi, Asisten KASN Pengawasan Bidang Pengisian JPT Wilayah 2 Kukuh Heruyanto, Inspektur Daerah Provinsi Sultra, Gusti Pasaru, Wakil Ketua DPRD Konsel Hj Hasnawati, Pj Sekda Konsel Hj St Chadidjah, dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel. (A)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga