8 Tips Hilangkan Noda pada Baju Putih Tanpa Pemutih

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 24 Desember 2022
0 dilihat
8 Tips Hilangkan Noda pada Baju Putih Tanpa Pemutih
Noda di baju putih bisa muncul karena penggunaan bahan pemutih baju secara berlebihan. Foto: Repro IStockphoto

" Baju putin menjadi salah satu warna baju yang cukup sensitif. Bukan karena bahannya, tapi warna putih ketika terkena noda akan kelihatan sangat jelas. Maka penting untuk mengetahui cara menghilangkan noda yang ada pada baju putih "

KENDARI, TELISIK.ID - Baju putin menjadi salah satu warna baju yang cukup sensitif. Bukan karena bahannya, tapi warna putih ketika terkena noda akan kelihatan sangat jelas. Maka penting untuk mengetahui cara menghilangkan noda yang ada pada baju putih.

Dikutip dari dari orami.co.id dari laman Presto Dry Cleaners, noda di baju putih bisa muncul karena penggunaan bahan pemutih baju secara berlebihan. Jadi baju akan berubah warna seperti bernoda seiring waktu.

Bahan-bahan baju putih yang terbuat dari kain katun atau linen pun bisa memunculkan noda dengan sendirinya karena adanya oksidasi alami seiringnya usia,

Faktor lain termasuk usia dan penyimpanan pakaian yang disimpan dalam kotak karton atau rak kayu juga dapat bereaksi terhadap asam lebih cepat sehingga menyebabkan noda pada baju putih.

Baca Juga: Ini Cara Dapat Pulsa Darurat di Kartu Axis

Tidak hanya itu, menggunakan deodoran yang mengandung bahan antiperspiran, keringat yang keluar dari ketiak akan tercampur, sehingga membuat noda kekuningan muncul karena adanya campuran antara mineral dari garam pada keringat dengan bahan dalam antiperspiran atau deodoran, yaitu alumunian. Kombinasi itulah yang membuat noda di baju putih.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan noda pada baju putih tanpa menggunakan pemutih pakaian.

Melansir Liputan6.com yang merangkum dari Bright Side, berikut beberapa cara menghilangkan noda pada baju putih tanpa menggunakan pemutih pakaian:

1. Aspirin

Masukkan 3 atau 4 butir aspirin kedalam mesin cuci untuk mengurangi noda kekuningan pada baju putih kamu. Kamu juga bisa menggunakannya langsung ke noda pakaian tersebut. Atau merendam pakaian dengan aspirin kemudian diamkan beberapa jam kemudian cuci pakaian seperti biasa.

2. Lemon

Air lemon juga dipercaya mampu menghilangkan noda pada baju putih. Caranya sebelum mencuci baju tersebut, rendamlah di air lemon beberapa saat sebelum mencucinya.

3. Kapur

Kapur bisa digunakan untuk menghilangka noda minyak. Gosoklah pakaianmu yang terkena noda minyak dengan kapur sebelum mencucinya. Kapur da[at menyerap dengan bagus dan bisa mudah mengangkat noda minyak.

4. Gunakan cairan pencuci piring, peroksida, dan soda kue

Campurkan cairan pencuci piring, peroksida, dan soda kue. Kemudian oleskan dengan kuas pada bagian baju putih yang terkena noda. Kamu juga bisa merendam baju tersebut dalam 2 liter air yang dicampur campuran tadi.

5. Roti gandum putih

Untuk menghilangkan noda lipstik atau foundation, kamu bisa menggunakan sepotong roti putih. Kamu bisa menggosokkan roti tersebut di bagian noda pada baju, kemudian cuci seperti biasa.

Baca Juga: 8 Hal Penting Saat Memilih Pasangan Hidup Agar Tidak Menyesal

6. Amonia

Gunakan amonia untuk menghilangkan noda membandel seperti darah. Usahakan untuk menggunakan sarung tangan dan buka ventilasi udara. Rendam baju dengan amonia dan tambahan hidrogen peroksida dalam 2 liter air, kemudian cuci dengan detejen biasa.

7. Pembersih kaca

Untuk menghilangkan noda dari spidol pada baju putih, kamu bisa menggunakan pembersih kaca. Semprotkan pembersih kaca pada bagian noda dan diamkan selama 5 menit. Kemudian cuci pakaian seperti biasa.

8. Asam borat

Asam borat cocok untuk menghilangkan noda kuning akibat keringat. Campurkan satu sendok makan asam borat dengan air dan oleskan ke noda. Biarkan selama 15 sampai dengan 20 menit, lalu cuci seperti biasa. Kamu juga bisa menambahkan asam borat dengan detergen saat mencuci menggunakan mesin cuci.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisiker lakukan untuk menghilangkan noda yang melengket pada baju putih. Selamat bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga