7 Tips Ampuh Hilangkan Kutu Rambut hingga Telurnya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 08 Februari 2023
0 dilihat
7 Tips Ampuh Hilangkan Kutu Rambut hingga Telurnya
Kutu rambut hanya terjadi pada manusia dan dapat menular pada manusia lain. Foto: shutterstock

" Salah satu masalah yang seringkali dialami pada area rambut adalah adanya kutu. Kutu rambut ini dapat dihilangkan dengan berbagai cara "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah yang seringkali dialami pada area rambut adalah adanya kutu. Kutu rambut ini dapat dihilangkan dengan berbagai cara.

Dikutip dari halodoc.com, kutu rambut merupakan parasit kecil yang ditemukan di kulit kepala dan mempunyai kemampuan untuk mengisap darah di kepala.

Parasit yang dalam bahasa medis disebut juga pediculosis ini, merupakan penyakit yang sangat umum dengan estimasi jumlah kasus sebanyak 6-12 juta per tahun.

Kutu dapat bertelur di kepala manusia dan biasanya akan berada di bagian rambut yang berdekatan dengan kulit kepala.

Baca Juga: 7 Tips Gaya Seks Woman on Top Agar Tak Gampang Lelah

Rata-rata gangguan ini hanya terjadi pada manusia dan dapat menular pada manusia lain. 

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa cara untuk menghilangkannya kutu rambut:

1. Gunakan minyak esensial

Dilansir dari Healthline, sejumlah minyak esensial terbukti dapat menghilangkan kutu. Minyak esensial yang bisa digunakan seperti minyak zaitun, minyak almond, tea tree oil, minyak cengkih, dan sebagainya.

Konsentrasi minyak yang kental dapat membuat kutu mati. Selain itu, kondisi rambut yang licin usai diolesi minyak membuat kutu dan telurnya lebih mudah dihilangkan.

Cara pakainya cukup mudah. Oleskan minyak pada rambut secara merata dan diamkan selama beberapa jam. Setelah mulai agak menyerap, Anda bisa membilasnya dengan air hangat.

Anda juga bisa melanjutkan keramas dengan sampo khusus kutu. Ulangi selama beberapa kali seminggu, maka kutu perlahan akan pergi.

2. Gunakan sisir serit untuk menghilangkan kutu

Pastinya harus dibasmi dengan sisir khusus kutu. Jenis sisir ini bergigi rapat, tipis, dan keras sehingga lebih mudah menangkap kutu yang bersarang pada sela-sela rambut.

Cara penggunaannya hampir mirip dengan sisir biasa. Anda bisa membasahi rambut terlebih dahulu agar tidak kering dan kusut.

Lalu sisir dari akar hingga ujung rambut dan lakukan secara berulang ke seluruh bagian rambut sampai kutu dan telurnya terangkat.

3. Pakai kondisioner

Tidak hanya sampo, penggunaan kondisioner juga dipercaya dapat membantu mengatasi permasalahan kutu pada rambut. Meski tidak membuatnya mati, tetapi penggunaan kondisioner dapat membuat kutu lemas sehingga akan lebih mudah dihilangkan.

Anda bisa oleskan ke rambut dalam keadaan rambut yang basah dan sudah dioleskan kondisioner, kemudian gunakan sisir serit untuk menghilangkan semua kutu dan telurnya.

Setelahnya bilas dengan air hangat sampai benar-benar bersih. Lakukan bersamaan dengan sampo khusus kutu dan gunakan secara rutin agar hasilnya lebih cepat terasa.

4. Pakai sampo khusus

Ada beberapa sampo yang diciptakan khusus untuk mengatasi kutu rambut. Salah satu kandungan yang ada di dalamnya, yakni 1 persen permethrin.

Merujuk laman CDC, permethrin adalah obat dengan kandungan antijamur dan anti-parasit yang dapat membasmi kutu-kutu yang hidup di rambut sekaligus mencegah epidemi kutu rambut.

5. Oleskan obat kutu

Apabila cara di atas belum kunjung memberikan hasil, Anda bisa menggunakan obat kutu yang tersedia di apotek. Biasanya obat kutu rambut ini dapat dijumpai dalam bentuk lotion atau spray.

Bila setelah penggunaan rutin obat tersebut tidak membuat kutu mereda, maka lebih baik Anda segera berkonsultasi langsung dengan dokter.

6. Pakai bawang putih

Cara menghilangkan kutu rambut berikutnya adalah menggunakan bawang putih. Kutu rambut tidak menyukai bau menyengat, seperti bau bawang putih. Selain itu, bawang putih memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Meski demikian, hanya ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung efektivitas bawang putih dalam membasmi kutu rambut, dikutip dari Medical News Today.

Baca Juga: 3 Tips Mudah Atasi Anak Penakut

7. Gunakan air garam

Cara alami lainnya ialah menggunakan air garam. Akan tetapi, tidak semua jenis garam dapat efektif membunuh kutu rambut.

Garam epsom disebut sebagai jenis garam terbaik untuk membasmi kutu yang bekerja dengan cara mengeringkannya.

Cara pemakaiannya adalah campurkan air garam dengan cuka, lalu masukkan larutan tersebut ke dalam botol spray dan semprotkan ke rambut. Biarkan larutan meresap selama 2 jam, lalu bilas sampai bersih.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga