5 Tips Sederhana Antisipasi Ular Masuk Rumah di Musim Penghujan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 09 Oktober 2022
0 dilihat
5 Tips Sederhana Antisipasi Ular Masuk Rumah di Musim Penghujan
Beberapa cara sederhana antisipasi ular masuk ke dalam rumah adalah dengan tanaman, salah satunya tanaman lidah mertua. Foto: Repro idea.grid.id

" Ular yang masuk ke pemukiman akan sangat meresahkan karena berpotensi membahayakan "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketika musim penghujan tiba, selain mewaspadai banjir, kita juga harus siap siaga jika ada hewan reptil di sekitar kita, salah satunya yaitu ular yang bisa saja keluar dari habitatnya.

Ular biasanya akan mencari tempat berlindung, bahkan tak sedikit masuk ke dalam rumah. Ular masuk ke rumah kerap terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, terutama saat musim hujan. Ular yang masuk ke pemukiman akan sangat meresahkan karena berpotensi membahayakan.

Berikut ini beberapa tips agar ular tidak mendekat ke dalam rumah, dilansir dari berbagai sumber.

1. Minimalisir lubang, ruang lembab dan gelap

Melansir cnbcindonesia.com, cara mengusir ular pertama adalah dengan mengecek kembali keadaan rumah. Ular sangat menyukai tempat yang gelap, berlubang dan lembab.

Selalu periksa lubang-lubang yang ada di rumah Anda seperti saluran air dan pipa pembuangan. Tutup dengan aman agar tidak menjadi tempat persembunyian ular. Jika Anda memiliki lubang tanah maka segeralah untuk ditutup. Karena lubang tersebut bisa menjadi sarang ular.

2. Pasang jebakan tikus

Mengutip sindonews.com, kurangi dan hilangkan tikus di dalam rumah dan di area yg tak terawat. Bau tikus mengundang ular datang. Serta jangan lupa memasang lampu penerang di halaman rumah untuk memantau pergerakan satwa di sekitar rumah.

Baca Juga: 7 Tips Membersihkan Paru-Paru dari Asap Rokok

3. Hindari tumpukan barang

Mengutip cnnindonesia.com, tumpukan barang merupakan salah satu tempat favorit ular, karena ular senang dengan kondisi gelap dan lembap terlebih di sudut-sudut ruangan. Maka dari itu penghuni rumah perlu menghindari adanya tumpukan-tumpukan barang.

4. Gunakan aroma-aroma menyengat

Ular sangat tidak menyukai aroma menyengat seperti cuka dan cabai. Jika Anda mengkhawatirkan akan ada ular yang masuk, coba semprotkan cairan cuka pada area yang sekiranya disukai oleh ular.

Menyemprotkan cairan cuka adalah salah satu cara mengusir ular yang cukup efektif saat musim hujan tiba. Opsi lain yang bisa digunakan sebagai aroma-aroma menyengat adalah jeruk dan cabai.

Baca Juga: Tips Masak Steak Rumahan Rasa Bintang Lima

Selain itu, Anda bisa menggunakan bubuk belerang untuk mengusir ular. Belerang akan membuat kulit ular iritasi sehingga pastinya ular akan menjauh dari rumah.

5. Gunakan tanaman

Mengutip idea.grid.id, menggunakan tanaman yang dapat mengusir ular daripada formulasi apa pun dapat membuat taman tetap organik. Tanaman berduri mungkin juga memiliki beberapa sifat penolak. Tanaman lidah mertua, agaphanthus, kaktus dan tanaman runcing lainnya bisa efektif mencegah ular masuk ke kebun.

Marigold digunakan untuk mengusir sejumlah tanaman dan dapat mencegah ular. Meskipun dianggap gulma, memberikan musim berbunga yang dikombinasikan dengan daun beraroma kuat yang tampaknya tidak disukai ular. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga