9 Kanker pada Anak yang Harus Diwaspadai, Orang Tua Wajib Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 09 Maret 2023
0 dilihat
9 Kanker pada Anak yang Harus Diwaspadai, Orang Tua Wajib Tahu
Penting orang tua mengetahui ciri-ciri anak yang memiliki gejala terserang kanker. Foto: hellosehat.com

" Salah satu penyakit yang dialami sebagian orang adalah kanker. Penyakit satu ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tapi juga bisa dialami anak-anak "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang dialami sebagian orang adalah kanker. Penyakit satu ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tapi juga bisa dialami anak-anak.

Dikutip dari kemkes.go.id, kanker atau tumor ganas merupakan pertumbuhan sel atau jaringan yang tidak terkendali, terus bertumbuh dan bertambah, serta immortal atau tidak dapat mati.

Sel kanker dapat menyusup ke jaringan sekitar dan dapat membentuk anak sebar.

Di antara sekian banyak jenis kanker, ada kanker yang kerap menyerang anak-anak. Kanker anak adalah kanker yang menyerang anak berusia di bawah 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.

Baca Juga: Frekuensi Masturbasi pada Pria

Olehnya itu, penting orang tua untuk mengetahui ciri-ciri anak yang memiliki gejala terserang kanker.

Melansir halodoc.ccom berikut beberapa ciri bila anak ada gejala penyakit kanker:

1. Terdapat benjolan pada tubuh

Waspada juga benjolan yang muncul pada tubuh anak, terutama di perut, leher, dada, panggul, atau ketiak. Pasalnya, benjolan seringkali menjadi pertanda kanker yang umum.

2. Berat badan menurun tanpa sebab yang jelas

Si Kecil bisa saja tiba-tiba mengalami penurunan berat badan, padahal tidak ada perubahan pada pola makannya dan aktivitasnya pun tidak terlalu menguras tenaga.

Jika begini, sebaiknya periksakan segera ke dokter.

3. Perubahan pada mata atau penglihatan

Penglihatan yang tiba-tiba menjadi buram atau berbayang bisa menjadi ciri kanker otak. Sedangkan pupil yang terlihat putih ketika mata terkena cahaya bisa menjadi pertanda retinoblastoma, kanker mata yang paling sering menyerang anak. 

4. Sering merasa kelelahan

Si Kecil sering merasa kelelahan dan wajahnya pun terlihat pucat? Hati-hati, karena itu juga adalah gejala awal kanker yang umum terjadi.

Sel-sel kanker menggunakan nutrisi dalam tubuh untuk berkembang, sehingga nutrisi tersebut tidak bisa diubah menjadi energi. Itulah mengapa pengidap kanker merasa sangat lelah.

5. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi. Biasanya penyebabnya bukanlah kondisi yang serius.

Namun, hati-hati bila anak mengalami sakit kepala yang seringkali disertai dengan muntah di pagi hari. Hal itu mungkin saja merupakan ciri-ciri kanker otak.

6. Demam berulang atau tidak kunjung sembuh

Demam juga merupakan masalah kesehatan yang biasa dialami anak-anak. Namun, bila Si Kecil sering demam tanpa sebab yang jelas, orang tua harus mewaspadainya. 

Hal tersebut bisa menjadi pertanda leukemia, jenis kanker yang juga sangat umum diidap oleh anak-anak.

7. Pembengkakan disertai rasa nyeri

Bila Si Kecil mengeluhkan rasa nyeri terus-menerus pada tulang, persendian, punggung atau kaki dan terlihat bengkak, sebaiknya periksakan ke dokter. 

8. Memar yang berlebihan, perdarahan atau ruam

Mengalami memar, luka atau lecet saat bermain adalah hal yang wajar bagi anak-anak. Apalagi bila mereka aktif bermain dan beraktivitas.

Namun, hati-hati bila anak memiliki memar atau ruam yang terlihat tidak biasa, atau perdarahan berlebihan dan tidak kunjung sembuh. Sebaiknya segera periksakan anak ke dokter.

Baca Juga: Manfaat Kencing Setelah Berhubungan Seks Bagi Wanita

9. Sering mengalami infeksi

Kanker limfoma adalah jenis kanker yang menyerang sel darah putih. Sel tersebut berperan penting dalam melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

Ketika anak mengidap gangguan pada sel darah putih, termasuk kanker limfoma, kondisi ini membuat mereka lebih rentan mengalami infeksi. Bukan itu saja, infeksi yang mereka alami pun akan lebih sulit untuk pulih. 

Nah, itulah beberapa ciri-ciri jika anak terkena penyakit kanker yang harus diwaspadai. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga