Agustinus Berhasil Jadikan Kejari Muna Barometer Penegakan Hukum di Sulawesi Tenggara

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 25 Oktober 2023
0 dilihat
Agustinus Berhasil Jadikan Kejari Muna Barometer Penegakan Hukum di Sulawesi Tenggara
Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama Kajari, Agustinus Baka Tangdililing beserta istri. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pucuk pimpinan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna berganti. Agustinus Baka Tangdililing dipercaya menjadi Kajari Lampung Timur, Provinsi Bandar Lampung "

MUNA, TELISIK.ID - Pucuk pimpinan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna berganti. Agustinus Baka Tangdililing dipercaya menjadi Kajari Lampung Timur, Provinsi Bandar Lampung.

Penggantinya adalah Robin Abdi Ketaren, yang sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara.

Agustinus Baka terbilang cukup lama memimpin Kejari Muna. Selama 2 tahun 8 bulan memimpin korps Adhyaksa itu, kinerja Agustinus sangat baik dan mendapat pengakuan dari pimpinannya di Kejati Sulawesi Tenggara.

Bayangkan, dalam menangani perkara korupsi dan pidana khusus lainnya, Kejari Muna meraih ranking III tingkat nasional untuk wilayah I.

Kemudian penanganan perkara Pidum melalui restorative justice (RJ) tahun ini menempati urutan pertama di Sulawesi Tenggara. Jumlah perkara yang diselesaikan melalui jalur damai itu sebanyak 15.

Baca Juga: Penanganan Perkara RJ Kejari Muna Lampaui Target Kajati

Lain lagi dengan prestasi stafnya yang telah menggemakan nama Kejari Muna di Pusdiklat Ragunan Kejaksaan RI.

Lalu, di bidang sosial kemasyarakatan,  Agustinus bersama tim Trail Adhyaksa Community (TAC) terlibat langsung dalam membantu masyarakat terdampak COVID-19 sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional.

"Untuk wilayah Sulawesi Tenggara, Kejari Muna menjadi barometer penegakan hukum dan non teknis," kata Agustinus, Rabu (25/10/2023).

Agustinus juga berhasil mengubah mindset Kejari yang tertutup dalam penanganan perkara menjadi terbuka. Semua informasi tidak ada yang ditutup-tutupi.

"Kita memberikan pelayanan dan kepastian hukum secara humanis," timpalnya.

Baca Juga: Kejari Muna Menggema di Pusdiklat Kejaksaan RI

Agustinus bilang, capaian itu tidak terlepas dari kerja tim seluruh staf. Karenanya, ia berpesan pada seluruh staf Kejari agar terus mempertahankan serta meningkatkan prestasi yang telah dicapai.  

Bupati Muna, LM Rusman Emba salut dan bangga terhadap kinerja Agustinus Baka Tangdililing. Kata dia, Agustinus telah merubah wajah Kejari Muna yang selama ini sebagai institusi yang ditakuti alias 'angker' menjadi adem dan sejuk.

"Pak Agustinus telah banyak berkontribusi bagi daerah," katanya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga